HUBUNGAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Sapna Katmila - Universitas Negeri Padang
Rinaldi Rinaldi - Universitas Negeri Padang
Yuninda Ningsih - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract: Relationship metacognitive and academic achievement psychology students. This study aims to determine relationship between metacognitive and academic achievement students of psychology, Padang State University. The data obtained were analyzed using the product moment which was assisted with one of the software for windows. The population in this study were psychology students of the Padang State University with a total sample of 136 subjects with purposive sampling technique. Based on the result of hypothesis testing obtained value of r=0,198 and p=0,021 (p<0,05) so result of research indicate that there is significant relationship between metacognitive and academic achievement in students of psychology department, Padang State University.

Keywords: Metacognitive, academic achievement, psychology student

 

Abstrak : Hubungan metakognitif dengan prestasi akademik mahasiswa psikologi, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara metakognitif dengan prestasi akademik pada mahasiswa jurusan psikologi Universitas Negeri Padang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik product moment yang dibantu dengan salah satu perangkat lunak untuk windows. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa psikologi Universitas Negeri Padang dengan jumlah sampel sebanyak 136 subjek dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r=0,198 dan p=0,021 (p<0,05) sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metakognitif dengan prestasi akademik pada mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang.

Kata Kunci: Metakognitif, prestasi akademik, mahasiswa psikologi


Keywords


Metakognitif; prestasi akademik; mahasiswa psikologi



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4590