HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA SALES PT. PRIORITAS

Rici Saputri - Universitas Negeri Padang
Suci Nio - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract: Relationship between self-concept and competence interpersonal salesmanship PT. Prioritas. This study aims to see the relationship between and interpersonal skill. The research design used is quantitatively correlative. The population in this study sales PT. Prioritas. And a sample of 37 individuals were selection using sampling insidental. This study uses 42 selfconcept scale with a confidence value of 0.860 and interpersonal competence sales with a confidence value of 0.890. the data analysis technique in this study is based on the product moment correlation test Test by Karl Pearson.The result showed that there was a significant relationship between self-concept and correlation coefficient (r) of 0.004, p = 0.000 (p<0.01). This show that Ha accepts Ho is rejected and shows a positive direction of correlation.

Keywords : Self-concept, competence interpersonal, sales

Abstrak: Hubungan konsep diri dengan kompetensi interpersonal pada sales PT. Prioritas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan konsep diri dengan kompetensi interpersonal. Desain penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah sales PT. Prioritas dan sampel sebanyak 37 orang yang dipilih menggunakan teknik sampling insidental. Penelitian menggunakan skala konsep diri yang berjumlah 42 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas sebesar 0,860 dan skala kompetensi interpersonal 37 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas 0,890. teknik analisa data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,004, p=0,000 (p<0,01). hal ini menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak secara menunjukan arah korelasi yang positif.

Kata kunci: Konsep diri, kompetensi interpersonal, sales


Keywords


Konsep diri; kompetensi interpersonal; sales



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4377