PERBEDAAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG DITINJAU DARI TIPE-TIPE KONFORMITAS

Halda Rahayu - Universitas Negeri Padang
Taufik Taufik - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak: Perbedaan impulsive buying pada mahasiswa Universitas Negeri Padang ditinjau dari tipe-tipe konformitas. Remaja berusaha membentuk citra diri dan upaya ini terlihat dalam suatu gambaran tetantang cara setiap remaja mempersiapkan dirinya. Termasuk di dalamnya cara remaja menampilkan diri secara fisik sehingga mendorong remaja melakukan berbagai upaya agar dapat tampil sesuai dengan tuntutan komunitas mereka. Misalnya, hasrat untuk membeli terasa begitu kuat sehingga menjadi pemicu timbulnya impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan impulsive buying yang ditinjau dari tipe-tipe konformitas pada mahasiswa Universitas Negeri Padang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Statistik Uji beda (ttest). Populasi penelitian adalah Mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan sampel sebanyak 80 subjek yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan impulsive buying ditinjau dari tipe-tipe konformitas pada mahasiswa Universitas Negeri Padang.


Kata kunci : impulsive buying, tipe-tipe konformitas, Mahasiswa

Abstrack: The difference between impulsive buying in Padang State University students reviewed by the conformity types. Teenagers try to shape their self-image and this effort is seen in a challenging picture of the way each teenager prepares themself. This includes the way teenagers present themselves physically so that they encourage teenagers to make various efforts so that they can appear as their community wanted. For example, the desire to buy feels so strong that it triggers impulsive buying. This study aims to see differences in impulsive buying in terms of the types of conformity in Padang
State University students. The data obtained were analyzed using t-test. The study population was students of Padang State University with a sample of 80 subjects selected using purposive sampling technique. The results showed that there were no differences in impulsive buying in terms of the types of conformity in Padang State University students.

Keywords: impulsive buying, conformiy types, college student


Keywords


impulsive buying; conformiy types; college student



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4372