PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN
Abstract
Abstract: Peer social support influence to Islamic boarding school students’ adjustment. This study is aimed to see the effect of peer social support on the adjustment of Islamic boarding school students in Padang Panjang City. The design used in this study is quantitative design with the number of samples was 176 students at the Islamic boarding school in Padang Panjang City. The sampling technique used is proportionate random sampling. The instrument in this study was a Likert scale. Data collection is done by using a peer social support scale and adjustment scale. Data were analyzed using simple linear regression analysis techniques. Based on the results of hypothesis testing, it was obtained p = 0.001 (p <0.05), this means that there is a significant influence between peer social support for the adjustment of Islamic boarding school students in Padang Panjang City.
Keywords: peer social support, adjustment, student
Abstrak: Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Pada Santri Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri santri pondok pesantren di Kota Padang Panjang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 176 orang santri di pondok pesantren di Kota Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala Likert. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya dan skala penyesuaian diri. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh p=0,001 (p<0,05), ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri santri pondok pesantren di Kota Padang Panjang.
Kata Kunci: Dukungan sosial teman sebaya, penyesuaian diri, santri
Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4222