KONTRIBUSI PARENT AND PEER ATTACHMENT TERHADAP KEMANDIRIAN PADA MAHASISWA YANG MERANTAU

Vivi Novita - Universitas Negeri Padang
Indra Ibrahim - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract: Contribution Parent and Peer Attachment of Autonomy Students Who Wander. This study aims to see parent and peer attachment contributions of autonomy for students who wander. The research design used is quantitative correlational. The population in this study were migrant students who were in the age range of 18-22 years. The sample collection technique in this study is snowball sampling with a total sample of 52 people. This study uses autonomy scale and Inventory Parent and Peer Attachment (IPPA) scales in adapted by Armsden and Greenberg (2009). Data analysis techniques in this study are using regression analysis techniques.The results show that there is a
contribution of parent attachment and autonomy of students who wander with value F is 4,417 and R²=0,081, p = 0.041 (p <0.05) while there is no contribution of peer attachments and autonomy of students who wander with value F is 2,561 and R²=0,049, p = 0.116 (p <0.05).


Keywords: Parent and peer attachment, autonomy, students who wander

Abstrak: Kontribusi parent and peer attachment terhadap kemandirian pada
mahasiswa yang merantau. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi parent and peer attachment terhadap kemandirian pada mahasiswa yang merantau. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa merantau yang berada pada usia rentang 18-22 tahun. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini yaitu snowball Sampling dengan jumlah sampelnya sebanyak 52 orang. Penelitian ini menggunakan skala kemandirian dan skala Inventory Parent and Peer Attachment (IPPA) yang di adaptasi dari Armsden dan Greenberg (2009). Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi antara parent attachment terhadap kemandirian pada mahasiswa yang merantau dengan nilai F sebesar 4,417 dan nilai R²=0,081, serta p=0,041 (p<0,05) sedangkan tidak terdapat kontribusi antara peer attachment terhadap kemandirian pada mahasiswa yang merantau dengan nilai F sebesar 2,561 dan nilai R²= 0,049, p=0,116 (p<0,05).


Kata kunci: Parent and peer attachment, kemandirian, mahasiswa yang merantau.


Keywords


Parent and peer attachment; kemandirian; mahasiswa yang merantau.



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4221