Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan produk fashion mulim ria miranda pada ria miranda loyal costumer (RMLC)

Temiska Amatmu - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract : This study aims to look at the factors affecting RMLC loyalty. This type of research is quantitative correlational. Respondents in this study amounted to 100 people, selected using incidental sampling technique. The research instrument uses customer loyalty scale and scale of customer loyalty factors. The results showed that all independent variables were product quality, service quality, price, close relationship with customer, customer satisfaction, customer trust, and customer attachment, together with very significant (p <0.01) influence customer loyalty with effective contribution 52,1%. While one-by-one, product quality variables and customer attachment significantly influence customer loyalty (product quality p = 0.001 <0.01, p customer attachment = 0,045 <0.05). While the variable quality of service, price, close relationship with customer, customer satisfaction, and customer trust is not significant in influencing customer loyalty (p> 0,01).

Keywords: Customer loyalty, factors of customer loyalty.

Abstrak: Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan produk fashion muslim Ria Miranda pada Ria Miranda Loyal Customer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas RMLC. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Responden berjumlah 100 orang, dipilih menggunakan teknik incidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala loyalitas pelanggan dan skala faktor-faktor loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, hubungan dekat dengan pelanggan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, dan keterikatan pelanggan secara bersama-sama dengan sangat signifikan (p<0,01) mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan sumbangan efektif sebesar 52,1%. Sedangkan secara satu-persatu, variabel kualitas produk dan keterikatan pelanggan secara signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan (p kualitas produk = 0,001 < 0,01, p keterikatan pelanggan = 0,045 < 0,05). Sementara variabel kualitas pelayanan, harga, hubungan dekat dengan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan secara satu-persatu tidak signifikan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan (p > 0,01).

Kata kunci : Loyalitas pelanggan, faktor-faktor loyalitas pelanggan.

 


Keywords


Loyalitas pelanggan; faktor-faktor loyalitas pelanggan.



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i1.3878