Efektivitas Permainan Impulscard dalam Menurunkan Impulsive Buying Behavior in Marketplace Siswa SMA Kota Padang

Ikelara Aritonang - Universitas Negeri Padang
Mey Lani Lia - Universitas Negeri Padang
Salsabila Huda - Universitas Negeri Padang
Mario Pratama - Universitas Negeri Padang

Abstract


This research aims to determine the effectiveness of the Impulscard game in reducing impulsive buying behavior in the marketplace among high school students in Padang City. This research uses quasi-experimental with two-group pretest-posttest design. The population is 33 high schools in Padang City that have been connected to the internet. The research sample was taken using a purposive sampling technique and obtained 6 people. The research results were analyzed using SPSS 20 software. In the experimental group, the sig. (2-tailed) value was 0.035 (<0.05) while in the control group, the sig. (2-tailed) value was 0.423 (>0.05). These results indicate that the Impulscard game is effective in reducing impulsive buying behavior in the marketplace among high school students in Padang City.


Keywords


Impulsive Buying; Marketplace; Shopping

Full Text:

PDF

References


Agusti, R., & Aravik, H. (2023). Analisis penggunaan marketplace facebook terrhadap penjualan mebel dalam auran pemasaran syariah di supran mebel karang anyar palembang. Jurnal Binis dan Manajemen, 1(2), 375-390.

Ahdiat, A. (2024, January 10). 5 e-commerce dengan pengunjung terbanyak sepanjang 2023. Katadata Media Network. Dikutip dari https://databoks.katadata.co.id/.

Amin, N.F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer,14(1), 15-31.

Annisa, B. (2022). Hubungan self esteem dengan impulsive buying pada siswa pengguna online shop di man 1 kota banda aceh (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Annisa, I.A. (2021). Perbedaan kebutuhan afiliasi ditinjau dari status ekonomi orang tua pada siswa boarding school sma plus al-athiyah banda aceh (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Daon001. (2019, February 28). Kemkominfo: Pertumbuhan e-commerce indonesia capai 78 persen. Kementerian Komunikasi dan Digital. Dikutip dari https://www.komdigi.go.id/.

Desriane, A.S., Haniyati., & Elmanora. (2021). Konsep diri sebagai pengontrol impulse buying pada ibu rumah tangga. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 8(2), 199-209.

Disdik.padang.go.id. (2022). Daftar sekolah yang telah terkoneksi internet di kota padang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Dikutip darihttp://disdik.padang.go.id/userfiles/file/SEKOLAH-SDH-KONEKSI-INTERNE-web.pdf.

Dwiputra, I.P. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswa pengguna dompet digital ovo (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Lianto, A. L., & Kurniawati, M. (2023). Hubungan antara konformitas dengan perilaku impulsive buying pada dewasa awal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5817-5828.

Makkatenni, N.H., Bamba, A.T., Tandiallo, R.S., Nurmila., & Ariqah, N. (2021). Molly polly: Permainan berbasis media pembelajaran untuk mengedukasi anti perilaku perundungan. Jurnal Psikologi Insight, 5(2), 116-129.

Maryanti, E., Egok, A.S., & Febriandi. (2021). Pengembangan media board games berbasis permainan tradisional egrang batok untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4212-4226.

Mukaromah, M., Zulva, T.N.I., Malida, O.N., & Oktafia, Y. (2021). Analisis psikopatologi kecenderungan impulsive buying pada salah satu mahasiswa universitas negeri semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 12(2), 117-124.

Murniwaty, I., Sari, N.A.L., & Farliana, N. (2023). Validitas kontrol diri dalam memoderasi perilaku pembelian impulsif siswa sekolah menengah atas. Measurement In Educational Research, 3(1), 36-48.

Mustika, W., & Kurniawati, D.M. (2022). Pengaruh pemasaran digital terhadap minat beli handuk pada marketplace x (Prosiding Seri Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanagara). 20 April 2022, Jakarta, Indonesia. pp. 709-716.

Prastiwi, M., & Ihsan, D. (2021, August 2). Siswa, kenali 6 manfaat bermain monopoli. Kompas.com. Dikutip dari https://www.kompas.com/.

Safitri, W.C.D. (2019). Efektivitas media board game terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik di sd. Mimbar PGSD Undiksah, 7(2),72-78.

Sarah, Y. (2020). Hubungan antara harga diri dan perilaku pembelian impulsif pada mahasiswi (Skripsi). Universitas Islam Indonesia.

Siregar, N.F., & Rini, Q.K. (2019). Regulasi diri dan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja perempuan yang berbelanja online. Jurnal Psikologi,12(2), 213-224.

Susilowaty. (2022). Strategy for reducing impulsive buying behavior in online consumers as the impact of work from home during the pandemic. Journal of Innovation and Applied Technology, 8(2),1508-1518.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1, SpecIssue), S71-S83.

Yahmini, E. (2019). Kecenderungan impulsive buying pada mahasiswa ditinjau dari latar belakang keluarga. Exero:Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 41-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v8i1.17285