Coloring Activities untuk Mereduksi Agresivitas pada Siswa Kelas 3 SD

Najwa Zahra - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana colouring activities dapat mereduksi/ mengurangi agresivitas pada siswa kelas 3 SD. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah two-group posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 SD di salah satu SD negeri di Kota Padang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang dimana, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok colouring dan non colouring, sehingga didapatkan dalam satu kelompok berjumlah 15 orang sampel. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan t-test, dimana hasil diolah menggunakan aplikasi JASP 16.0. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan tingkat agresifitas yang signifikan antara kelas yang diberikan colouring activitiesdan kelas yang tidak diberikan colouring activities dikarenakan nilai p=<0,001.

Keywords


Kata kunci: colouring, activities, agresifitas, eksperimen.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v7i2.15999