Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak TK

Raihani Lubis - Universitas Negeri Padang
Afrilyana Afrilyana - Universitas Negeri Padang
Astania Radiva - Universitas Negeri Padang
Nirmala Anggraini - Universitas Negeri Padang
Noni Noni - Universitas Negeri Padang
Sherly Aprisi - Universitas Negeri Padang
Windi Husna - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah keterampilan bercerita anak-anak dipengaruhi oleh boneka tangan. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest satu kelompok dan bersifat kuantitatif. Populasi dari TK Aisyiah 1 Bukittinggi adalah subjek dari penelitian ini. Dalam penelitian ini, sebanyak sembilan siswa diikutsertakan dalam proses pengambilan sampel secara acak. Uji-t berpasangan sederhana digunakan sebagai alat analisis data. Temuan uji-t berpasangan sederhana ditentukan bernilai .000 berdasarkan hasil pengolahan data. Nilai sig pada hasil tersebut lebih dari .005. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita anak-anak dipengaruhi oleh boneka tangan.

 

Kata kunci: Boneka Tangan, Kemampuan Bercerita, Anak Tk.


Full Text:

PDF

References


Aliyah., S. (2018). Efektivitas media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas 1 di MIN Kota Malang. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arsjad, Maidar G & Mukti U.S. (1993). Pembinaan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Bachtiar, B. S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: DEPDIKNAS. 9(1), 53-57.

Bachtiar, M. Y. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Bergambar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), 24–29.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Evanofiana, N., Mahyuddin, M., & Izzati. (2019). Peningkatan kemampuan bercerita melalui permainan boneka jari di taman kanak-kanak. JFACE Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2), 140-146.

Fadilla, C., & Yulsyofriend. (2022). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap keterampilan berbicara anak. Journal of Education Research, 3(4), 192-198.

Febriana, A., Bachtiar, M. Y., & Rusmayadi. (2023). Pengaruh metode bercerita berbasis media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok b di tk insan cemerlang makassar. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. Diakses dari : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal

Hurlock., B,. & Elizabeth. (1978). Child Development. Alih Bahasa oleh Meitasari Tjandrasa.

Istirokah, I. (2017). Peningkatan kemampuan bercerita melalui media rotasia pada anak didik kelompok A1 TK Pamekar Budi Desa Candisari Kecamatan Mranggeng Kabupaten Demak Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 3(1).

Kartoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Muliawati, A., Sumardi., & Elan, E. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan pada kelompok B di TK Plus Salsabil Kabupaten Cirebon. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 11-23.

Musfiroh, T. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Muslichah Zarkasih. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi ke-6. Jakarta: Erlangga.

Nurgiyantoro, B.( 2001). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Ramadhani, D., & Simatupang, N. D. (2014). Pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak usia dinni di TK Al-Ikhlas Surabaya. Jurnal Edukasi. (online).

Sari, E., L., & Solikin, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 26-31.

Sholekah, A., N.. (2011). Peningkatan keterampilan bercerita dengan menggunakan teknik peta konsep pada siswa kelas X 6 SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakart: Depdiknas.

Sulianto, dkk. (2014). Media Boneka Tangan dalam Metode Bercerita untuk Menanamkan Karakter Positif kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang, 15(2). Diakses dari: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/222.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v7i2.15652