Studi Deskriptif Kuantitatif Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang
Abstract
Abstact: Quantitative Descriptive Study of Online Game Addiction In Psychology Students, Padang State University. The purpose of this study was to find out the description of online game addiction in Psychology students at Padang State University. This research uses descriptive quantitative method. The sample in this study was obtained through a purposive sampling technique which the researcher had determined based on the criteria. The scale of this study uses an internet disorder scale that is spread directly and through gform. Subjects in the study amounted to 115 respondents. The results of the study as a whole show that around 39.1% of online game addiction among psychology students is in the mild category.
Abstrak: Studi Deskriptif Kuantitatif Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecanduan game online pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini didapatkan melalui teknik purposive sampling yang telah peneliti tentukan berdasarkan kriteria. Skala penelitian ini menggunakan skala gangguan internet disorder yang disebar secara langsung dan melalui google form. Subjek dalam penelitian berjumlah 115 responden. Dari hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan sekitar 39.1% kecanduan game online pada mahasiswa psikologi berada pada kategori ringan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2008). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Dhini, A,V. 2022. Jumlah gamers Indonesia terbanyak ketiga di dunia. Diakses pada Januari 2023
Fikry, Z., & Rizal, G, L. (2018). Hubungan otonomi dalam pengambilan keputusan karir teerhadap kebimbingan karir pada mahasiswa strata-1 di kota padang. Jurnal RAP UNP, 9(2), 213-221
Husna, N. & Adyatma, S. (2017). Hubungan Bermain Games dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Pendidikan. 4(3), 1-14.
Julyanti, M & Aisyah, S. (2015). Hubungan Antara Kecanduan Internet dengan Prokrastinasi Tugas Sekolah pada Remaja Pengguna Warnet di Kecamatan Medan Kota. Jurnal Psikologi, 1(2).
Kurniawati, R & Harmaini. (2020). Kecanduan Game Online dan Empati pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol 16 no.1
Kristawan, A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kecanduan game online. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif. Vol 1, No 1
Lemmens, J. S., Valkenburg, P.M. & Gentile, D.A. (2015). The internet gaming diorder scale. Psychological Assesment, 27(2). 567-582. https://doi.org/10.1037/pas0000062
Mubarok, F.H. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Pembelian Impulsif Perangkat Game pada Mahasiswa. Acta Psychologia. Vol.3,No.1. 69-80
Narbuko, K & Achmadi, H.A. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Nurhadi, J., Rahma, R.,& Fadlilah, A. (2019). Multimedia Baased on Virtual Reality in Indonesian for Foreign Speakers Learning. Journal of Physics: Conference Series
Putra, F.S., Rozak, A., Perdana, G.V.,& Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesia. Vol 4,No 2. DOI: https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236
Ramadhini, F.I. (2022). Hubungan Internet Gaming Addiction Dan Kualitas Tidur Pada Komunitas Game Online Mobile Legend Bang-Bang. Skripsi:Psikologi UNP.
Sandya, S & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Young, K. (2010). Understanding Online Gaming Addiction and Treatment Issues For Adolescents, Jurnal American.
Zamaa, M.S., Kamariana., & Annisa, A.N. (2022). Hubungan Adiksi Game Online dengan Gangguan Pola Tidur pada Remaja. Journal An Idea Health. 55-59
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v7i1.15542