Perbedaan Aggressive Driving Behavior Ditinjau Dari Big Five Personality Pada Pengemudi Bus Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP)

Ayu Cahyandari - Universitas Negeri Padang
Yuninda Ningsih - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujun untuk melihat perbedaan aggressive driving behavior ditinjau dari big five personality pada pengemudi bus angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP). Desain penelitian ini adalah kuantitatif komparatif, Dimana pada penelitian ini jumlah subjeknya adalah 85 pengemudi bus angkutan Angkatan antarkota dalam provinsi (AKDP) dengan trayek Padang Payakumbuh dan memiliki SIM B1. Subjek pada penelitian ini didapatkan dengan Teknik accidental sampling. Skala yang dipakai pada penelitian ini adalah skala kepribadian kepribadian big five IPIP-BFM-50 yang diadaptasi dari IPIP (International Personality Item Pool). Skala ini menunjukkan reliabilitas sebesar .838 extraversion), .846 (agreeableness), .864 (constientiousness ), .912 (neoroticism), dan .820 (openness). Selain itu, skala aggressive driving diadaptasi dari The Aggressive Driving Behavior Scale oleh Houston, Harris, & Norman (2003) menunjukkan reliabilitas sebesar .929. Metode penelitian yang dipakai, yakni uji beda Anava. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar sig = .000 (sig < .05) artinya terdapat perbedaan aggressive driving behavior ditinjau dari big five personality pada pengemudi angkutan antarkoa dalam provinsi (AKDP).


Kata kunci: Big five personality, aggressive driving behavior, pengemudi bus

Full Text:

PDF

References


Akhtar, H., & Azwar, S. (2019). Indonesian adaptation and psychometric properties evaluation of the big five personality inventory: IPIP-BFM-50. Jurnal Psikologi, 46(1), 32-44. doi: 10.22146/jpsi.33571

Anitei, M., Chraif, M., Burtaverde, V., & Mihaila, T. (2014). The big five personality factors in the prediction of aggressive driving behavior among romanian youngsters. S. International Journal of Traffic and Transportation Psychology, 2(1), 7–20.

Benfield, J. A., Szlemko, W. J., & Bell, P. A. (2007). River personality and anthropomorphic attributions of vehicle personality relate to reported aggressive driving tendencies. Personality and individual differences, 42, 247–258.

Cellar, D. F., Nelson, Z. C., & Yorke, C. M. (2000). The five-factor model and driving behavior: Personality and involvement in vehicular accidents. Psychological Reports, 86, 454–456.

Chraif, M., Anitei, M., Burtaverde, V., & Mihaila, T. (2016). The link between personality, aggressive driving, and risky driving outcomes – testing a theoretical model. Journal of Risk Research, 19(6), 780–797.

Dahlen, E. R., & R. P. White. 2006. The big five factors, sensation seeking, and driving anger in the prediction of unsafe driving. Personality and individual differences, 41, 903–915.

Enggarsasi, U., & Sa’diyah, N. K. (2017). Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas. Perspektif, 22(3), 228.

Feist, J., Feist, G. J., & Tomi-Ann, R. (2018). Theories of personality, 9th Edition. In McGraw-HillEducation. https://mheducation.com/highered

Harris, P. B., Houston, J. M., Vazquez, J. A., Smither, J. A., Harms, A., Dahlke, J. A., & Sachau, D. A. (2014). The prosocial and aggressive driving inventory (padi): a self-report measure of safe and unsafe driving behaviors. Accident Analysis and Prevention,72,1–8. https://doi.org/10.1016/j.aap.2014.05.023

Hidayat, D. R. (2015). Teori dan aplikasi: psikologi kepribadian dalam konseling. Ghalia Indonesia

Houston. J. M, Paul B. H. & Norman M. (2003). The aggressive driving behavior scale: developing a self-report measure of unsafe driving. North America journal of psychology (NAJP). Vol. 5

John, O. P., & Srivastava, S. (1999). The big-five trait taxonomy: history, measurement, and theoretical perspectives. In L. Pervin & O. P. John (Eds.), Handbook of personality: Theory and research. New York: Guilford Press.

Latipah, N. (2014). Jui

Deepublish.

Marsaid, M., Hidayat, M., & Ahsan, A. (2013). Faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor di wilayah Polres Kabupaten Malang. Journal of Nursing Science Update (JNSU), 1(2), 98-112.

McCrae, R. R., & Costa, P. T., Jr. (2003). Personality in adulthood: A five-factor theory perspective (second edition). New York. The Guilford Press. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9780203428412

Qadri, H. N. (2020). Big Five Personality Sebagai Prediktor Terhadap Aggressive Driving Pada Pengemudi Dewasa Awal (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tao, D,. Zhang, R. & Qu, X. (2017). The role of personality traits and driving experience in self-reportedrisky driving behaviors and accident risk among Chinese drivers. Accident Analysis and Prevention. Vol.99

Tasca, L. (2000). A review literature on agressive driving reasearch. Ontario Advisory Group on Safe Driving Secretariat, 1–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i4.15398