Hubungan antara student engagement dengan academic burnout pada mahasiswa Universitas Negeri Padang pasca pandemi

Nadya Putri - Universitas Negeri Padang
Maya Yasmin - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara student engagement dengan academic burnout pada mahasiswa Universitas Negeri Padang pasca pandemi. Desain penelitian kuantitatif korelasional digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian terdiri dari 385 mahasiswa Universitas Negeri Padang pasca pandemi tahun 2019, 2020, dan 2021 yang dipilih dengan menggunakan pendekatan proportionate stratified sampling. School Burnout Inventory (SBI) versi Indonesia yang disusun oleh Rahman (2020) mengacu pada aspek academic burnout yang dikemukakan oleh Schaufelli et al. (2002), dan student engagement versi Indonesia yang disusun oleh Pratama dan Guspa (2022) mengacu pada sumber aspek student engagement yang dikemukakan oleh Reeve dan Tseng (2011) sebagai instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis informasi diperoleh nilai korelasi r = -.633 dan p = .00 (p<.5) ditemukan, yang menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara student engagement dan academic burnout pada mahasiswa Universitas Negeri Padang pasca pandemi.


Keywords


Student engagement, academic burnout, pasca pandemi

Full Text:

PDF

References


Alimah, S., Swasti, L. G., & Ekowati, W. (2016). Gambaran burnout pada mahasiswa keperawatan di purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130-141.

Almeida, G. D., Souza, H. R., Almeida, P. C., Almeida, B. D., & Almeida, G. H. (2016). The prevalence of burnout syndrome in medical students. Archives of Clinical Psychiatry (Sao Paulo), 43(1), 6-10.

Amalia, V. R., Zwagery, R. V., & Rusli, R. (2022). Peranan academic self efficacy terhadap academic burnout pada peserta didik sma dalam peralihan pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Jurnal education and development, 10(3), 434-441.

Anggraini, D. P., & Chusairi, A. (2022). Pengaruh academic self-efficacy dan student engagement terhadap academic burnout mahasiswa dalam pembelajaran daring. Journal of Community Mental Health and Public Policy, 4(2), 79-94.

Appleton, J., Christenson, S., Kim, D., & Reschly, A. (2006). Measuring cognitive and psychological engagement: Validation of the Student Engagement Instrument. Journal of School Psychology, 44, 427–445.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81-102.

Azhar, A. W., & Nasrun, H. (2021). Menulis laporan penelitian bagi peneliti pemula. Sumatera Barat: ICM.

Azwar, S. (2021). Metode penelitian psikologi edisi ii. Bandung: Pustaka Pelajar.

Bilge, F., Cetin, B., Dost, M. T. (2014). Factors affecting burnout and school engagement among high school student: study habits, self efficacy beliefs and academic success. Educational Sciences: Theory & Practice, 14(5).

Biremanoe, M. E. (2021). Burnout akademik mahasiswa tingkat akhir. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 165-172.

Burr, J., & Beck Dallaghan, G. L. (2019). The relationship of emotions and burnout to medical students’ academic performance. Teaching and learning in medicine, 31(5), 479-486.

Chapman, E. (2003). Alternative approaches to assessing student engagement rates. Practical Assessment Research & Evaluation, 8(13).

Devito, M. (2016). Factor influencing student engagement. (Tesis). Sacred Heart Universtiy.

Dharmayana, I. W., Masrun, Amitya, & Yapsin, G. W. (2012). Keterliban siswa (student engagement) sebagai mediator komepetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 79(1), 76-94.

Duru, E., Duru, S., & Balkis. (2014). Analysis of relationship among burnout, academic achievement, and self-regulation. Educational sciences: theory and practice, 1274-1284.

Farahani, H. M. J., Kasirlou, L., & Inanlou, F. (2016). Academic burnout: a descriptive-analytical study of dimensions and contributing factors in nursing students. Austin J Nurs Health Care, 3.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research spring, 74(1).

Fredricks, J. A., Filsecker, M., & Lawson, M. A. (2016). Student engagement, context, and adjustment: Addressin definitional, measurement, and methodological issues. Learning and Instruction, 43, 1-4.

Freudenberger, H. J. (1974). Staff burn-out. Journal of Social Issues, 30(1), 159–165.

Handelsman, M. M., Briggs, W. L., Sullivan, N., & Towler, A. (2005). A measure of colloge student engagement. The journal of educational research, 98(3), 184-191.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh di masa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.

Hasanah, T. (2023). Gambaran burnout pada mahasiswa aktif berorganisasi di UPI kampus Semedang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hu, S., & Kuh, G.D. (2002). Being (dis)engaged in educationally purposeful activities: The influences of student and institutional characteristics. Research in Higher Education, 43, 555-575.

Indirana, D., Irvin, A., & Sujarwati. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik: studi kasus pada mahasiswa program studi akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1).

Jamaluddin, N., Daud, M., & Indahari, N. A. (2022). Student engagement dan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Talenta Mahasiswa, 1(4).

Jimenez-Ortiz, J. L., Islas-Valle, R. M., Jimenes-Ortiz, J. D., Perez-Lizarraga, E., Hernandez-Garcia, M. E., & Gonzalez-Salazar, F. (2019). Emotional exhaustion, burnout, and perceived stress in dental students. Journal of International Medical Research, 47(9), 4251-4259.

Khairani, Y., & Ifdil, I. 2015. Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208.

Law, D. W. (2007). Exhaustion in university students and the effect of coursework involvement. Journal of American College Health, 555(4).

Lee, J., Puig, A., Kim, Y. B., Shin, H., Lee, J. H., & Lee, S. M. (2010). Academic burnout profiles in Korean adolescents. Stress and Health, 26(5), 404-416.

Lianawati, A. (2022). Analisis deskriptif burnout mahasiswa bimbingan dan konseling selama pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1678-1685.

Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of Covid-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leither, M. P. (2001). Job burnout. In Annual Review of Psychology, 397-422.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap burnout akademik selama pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(2), 201–211.

Novianti, R. (2021). Academic Burnout pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Kesehatan Perintis, 8(2), 128-133.

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130.

Permatasari, N., Sutanto, L., & Ismail, N. S. (2021). Hubungan efikasi diri terhadap tingkat kejenuhan akademik: studi empiris pembelajaran daring semasa COVID-19. Jurnal sosio sains, 7(1), 36-50.

Pratama, M., & Guspa, A. (2022). Analisis properti psikometrik skala student engagement versi bahasa Indonesia. Psycho Idea, 20(2).

Rahman, D. H. (2020). Validasi school burnout inventory versi bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85-93.

Ratnaningsih, I. Z., Prihatsanti, U., & Prasetyo, A. R. (2018). Perbedaan student engagement pada mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin dan masa studi. Seminar Nasional Psikologi UMS 2018.

Reeve, J. (2005). How teacher can promote student autonomy during instruction: lesson from a decade of research. Lowa educational research and evaluation association.

Reeve, J., & Tseng, C. M. (2011). Agency as a fourth aspect of student engagement during learning activities. Contemporary Educational Psychology, (1).

Rismen, S. (2015). Analisis kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di prodi matematika STKIP PGRI. Lemma, 1(2).

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan masa hidup (edisi ketigabelas jilid satu). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2021). Psikologi Remaja. Depok: Rajawali Pers.

Schaufeli, W. B., Martinez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464-481.

Seibert, G. S., May, R. W., Fitzgerald, M. C., & Fincham, F. D. (2016). Understanding school burnout: Does self-control matter. Learning and Individual Differences, 49, 120–127.

Shin, H., Lee, J., Kim, B., & Lee, S. M. (2012). Students’ perceptions of parental bonding styles and their academic burnout. Asia Pacific Education Review, 13(3), 509–517.

Simarmata, S. W., Nengsih, N., Harahap, A. C. P., & Batubara, A. (2022). Mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam perspektif academic burnout. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2747-2753.

Singh, L. B., Kumar, A., & Srivastava, S. (2021). Academic burnout and student engagement: a moderated mediation model of internal locus of control and loneliness. Journal of International Education in Business, 14(2), 219-239.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suarez-Colorado, Y., Caballero-Dominguez, C., Palacio-Sanudo, J., & Abello-Llanos, R. (2019). The academic burnout, engagement, and mental health changes during a school semester. Duazary, 16(1), 23–37.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suha, Y., Nauli, F. A., & Karim, D. (2022). Gambaran burnout pada mahasiswa jurusan keperawatan. Community of Publishing in Nursing, 10(3).

Susanto, S., & Azwar, A. G. (2020). Analisis tingkat kelelahan pembelajaran daring dalam masa Covid-19 dari aspek beban kerja mental. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 13(2), 102-112.

Ugwu, F. O., Ike, E. O., & Winifred, A. T. (2013). Exploring the relationship between academic burnout, self efficacy and academic engagement among Nigerian college student. Daring Journal of the African Educational Research Network, 13(2), 1-10.

Ulum, M. R., Yanto, H., & Widiyanto. (2017). Kontribusi motivasi berprestasi, IPK dan student engagement dalam membangun kompetensi mahasiswa akuntansi. Journal of Economic Education, 6(2), 106-113.

Wahyuningsih, M. N. (2017). Peranan harga diri dan student engagement terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam penelitian psikologi pendidikan. Malang: UMM Press.

Yang, H. J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in taiwan’s technical-vocational colleges. International Journal of Educational Development, 24(3), 283-301.

Yang, H. J., & Farn, C. K. (2005). An investigation the factors affecting MIS student burnout in technical-vocational college. Computers in Human Behavior, 21(6), 917–932.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zhang, Y., Gan, Y., & Cham, H. (2007). Perfectionism, academic burnout and engagement among Chinese college students: A structural equation modeling analysis. Personality and Individual Differences, 43(6), 1529–1540.

Zhang, X., Klassen, R. M., & Wang, Y. (2013). Academic burnout and motivation of Chinese secondary students. International Journal of Social Science and Humanity, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i3.15304