Perbedaan Loyalitas Penumpang Bus AKAP Sumatera Barat

Doni Putra - Universitas Negeri Padang
zulmi Yusra - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan perbedaan loyalitas penumpang bus AKAP di Sumatera Barat. Kuantitatif merupakan jenis penelitoian yang diditerapkan dalam menganalisis data, dengan teknik sampling yang dipilih adalah purposive sampling.dalam penelitian ini digunakan sebanyak 150 orang subjek penumpang bus AKAP Sumatera Barat. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert berupa skala Loyalitas. Uji comparation yang dilakukan dengan One-Way Anova menghasilkan nilai F = 4.88 dengan signifikansi .009 dengan hasil terdapat perbedaan signifikan pada loyalitas antar penumpang bus AKAP Sumatera Barat.


Keywords


Loyalitas, bus akap, sumatera barat

Full Text:

PDF

References


Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen IIslam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463

Bps. (2020). Sensus Penduduk Tahun 2020. Retrieved June 28, 2021, from https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2020

Griffin, J. (2003). Customer loyalty : menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan (Y. Sumiharti, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 03(2), 171–180. Retrieved from https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANAGGIO/

Hendra, T., Djawahir, A. H., & Djazuli, A. (2017). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal BIsnis Dan Managemen Islam2, 4(2), 129–141. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/viewFile/1694/089

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkemangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & GarryArmstrong. (2008). Principles of marketing (12th ed.). Retrieved from Pearson Esucation

Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (2nd ed.; S. P. T. Utami, Ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Mowen, J. C. (2002). Perilaku Konsumen (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Pritandhari, M. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing (studi pada bmt amanah ummah sukoharjo). Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 50–60. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.142

Setiawan, K. (2021). 80 Persen Pedagang Tanah Abang Jakata Disebut dari Sumatera Barat. Retrieved September 15, 2021, from Bisnis.tempo website: https://bisnis.tempo.co/amp/1443238/80-perseen-pedangang-tanah-abang-jakarta-disebut-dari-sumatera-barat

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif d R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahuman, Z. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing. Jurnal Riset Bsnis Dan Manajemen, 4(3), 445–460. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/12754

Tanoto, E., Purwati, A. A., Komardi, D., & Hamzah, M. L. (2022). Pngaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, Pengalaman Konsumen, pada PT. Kerta Jaya Utama Pekan Baru. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 171–183. Retrieved from https://journal.al-matani.com/index.php/invest/article/download/338/236

Umar, H. (2014). Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan pada penerbangan low cost carrier factors affecting customer ’ s satisfaction on low cost carrier flight. Jrunal Manajemen Transportasi & Logistik, 01(02), 127–138. Retrieved from https://journal.itltrisakti.ac.id/index.php/jmtranslog/article/view/13

Vanessa, G. (2007). CRM dan MPR Hotel. Bandung: Alfabeta.

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Perss.

Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian Plus Tutorial SPSS. Yogyakarta: Innosain.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i4.15187