Hubungan Impulsive Buying dengan Post-Purchase Regret Produk Make Up secara Online pada Pegawai Wanita

Raisha Hakiki - Universitas Negeri Padang
Maya Yasmin - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan impulsive buying dengan post-purchase regret produk make up secara online pada pegawai wanita. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan cluster random sampling sebagai teknik pemilihan sampelnya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 302 orang subjek yang merupakan pegawai wanita yang bekerja di PABASKO (Padang Panjang, Batipuh, X Koto). Penelitian ini menggunakan skala impulsive buying dan post-purchase regret yang telah diadaptasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar .339 dan p = .000 (p < .050), sehingga Ha diterima. Hal ini berari bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara impulsive buying dengan post-purchase regret.


Keywords


Impulsive buying; post-purchase regret; make up; pegawai wanita.

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. A. (2018). Hubungan Antara Pembelian Impulsif dan Penyesalan Pasca Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Konsumen Remaja Akhir. Sanata Dharma University, 12–26. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/31696

Alitani, M. B., & Alfianti, A. (2022). Impulsive Buying Berbelanja Online pada Mahasiswi Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Imliah Multi Disiplin Indonesia, 1(7), 890–896.

APJI. (2022). Hasil Survey Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June. apji.or.id

Arifa, F. S. (2022). Hubungan Self Control dengan Post Purchase Regret secara Online pada Konsumen Remaja.

Coley, A., & Burgess, B. (2003). Gender differences in cognitive and affective impulse buying. Journal of Fashion Marketing and Management, 7(3), 282–295. https://doi.org/10.1108/13612020310484834

Darida, V. A. (2021). Dampak Positif dan Negatif Belanja Online. Kumparan. https://kumparan.com/veronica-agustina/dampak-positif-dan-negatif-belanja-online-1utWftT5LPA/1

Dawson, S., & Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying online. Direct Marketing, 3(1), 20–34. https://doi.org/10.1108/17505930910945714

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Kumar, A., Chaudhuri, S., Bhardwaj, A., & Mishra, P. (2020). Impulse Buying and Post-Purchase Regret: a Study of Shopping Behaviour for the Purchase of Grocery Products. International Journal of Management, 11(12), 614–624. https://doi.org/10.34218/ijm.11.12.2020.057

Kurnia, I., & Martinelli, I. (2021). Permasalahan Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 343–350. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11457

Lee, S. H., & Cotte, J. (2009). Post-purchase consumer regret: Conceptualization and development of the PPCR scale. Advances in Consumer Research, 36, 456–462.

Leo, L. A., & Ginting, E. D. J. (2012). Conscientiousness Personality Type As a Predictor of Post Purchase Regret. Proyeksi, 7(1), 67. https://doi.org/10.30659/p.7.1.67-78

Lubis, M. A. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Desire for Visual Aesthetics, dan Situasional Factors terhadap Impulsive Buying: Suatu penelitian pada Drugstore Cosmetics Watson. (Doctoral Dissertation, STIE Indonesia Banking School).

M’Barek, M., & Gharbi, A. (2011). The Moderators of Post Purchase Regret. Journal of Marketing Research and Case Studies, 2011, 1–16. https://doi.org/10.5171/2011.511121

Novia, D. N. (2020). HUBUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN PENYESALAN PASCA PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA.

Nurohman, F. (Fakultas I. P. U. N. S., & Azis, A. (Fakultas I. P. U. N. S. (2020). Impulse Buying Dan Post Purchase Regret Pada Mahasiswa. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 2(2), 155–163.

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189. https://doi.org/10.1086/209105

Strydom, P. (2000). Discourse and Knowledge. Liverpool University Press.

Tranggono, R. I. (2007). BP: Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Gramedia: Pustaka Utama.

Yulfitasari, R., Dewi, R. S., Hidayatullah, M. S., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., Mangkurat, U. L., & Yani, J. A. (2018). Hubungan Pembelian Impulsif Dengan Penyesalan Pasca Pembelian Produk Fashion Pada Siswa Sman 1 Banjarmasin the Relationship Between Impulsive Buying and Post-Purchase Regret for Fashion Products in Students of Sman 1 Banjarmasin. 1, 164–168.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i3.15159