Pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna shopee di Kota Padang

Haura Hanifah - Universitas Negeri Padang
Suci Nio - Universitas Negeri Padang

Abstract


Riset ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Shopee di kota Padang. Kuantitatif korelasional dipakai sebagai desain penelitian ini. Responden pada riset ini 273 pengguna Shopee di Kota Padang memakai teknik purposive sampling. Teknik analisis regresi linear sederhana dipakai untuk mengolah dan menganalisis hasil data, didapati nilai r = .396 dan p = .00. Konklusi dari hasil riset ini ialah terdapat pengaruh antara kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Shopee di kota Padang. Dimana hal ini membuktikan dengan tingginya tingkat kepercayaan juga akan disertai dengan loyalitas pelanggan yang tinggi pula. Begitupun sebaliknya, jika rendahnya kepercayaan akan disertai dengan loyalitas pelanggan yang rendah.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. R., Setyowati, T., & Saidah, N. (2019). Dampak kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada dira cafe & pool pontang ambulu jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 79-91.

Akbar, M. M., & Parvez, N. (2009). Impact of service quality, trust, and customer satisfaction on customers loyalty. ABAC journal, 29(1).

Azizah, F. N., Puspakaritas, F. N., Pramesti, V. A., Putri, Y. A. S., & Azizah, N. (2021). Pengaruh kualitas layanan e-commerce shopee terhadap loyalitas pengguna shopee. Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial dan Politik, 1(01), 56-67.

Fahmi, M., Prayogi, M. A., & Jufrizen, J. (2018). Peran kepercayaan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas website terhadap loyalitas pelanggan online shop. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121-130.

Fihartini, Y. (2012). Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah asuransi di bandar lampung. proceeding OJK Harapan Baru Sistem Keuangan Indonesia, 244-250.

Fedri, R., & Indrayani, T. I. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat kota padang dalam memilih aplikasi bukalapak, shopee dan tokopedia dimasa pandemi covid19. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(1).

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty. Jakarta : Penerbit Erlangga

Harumi, S. D. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 8(2), 115-128.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Lestari, L. & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh fenomena harbolnas (hari belanja online nasional) pada e-commerce shopee melalui diskon dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1482-1491.

Lidwina. (2021). Pengguanaan e-commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/. [Diakses 29 Agustus 2022].

Mardiana, F., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh harga, kepercayaan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan perusahaan otobus kurnia (po. kurnia) rute padang-medan. Jurnal Ecogen, 3(2), 232-241.

Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of management review, 20(3), 709-734.

Merdeka.com. (2022). Survei terbaru beberkan e-commerce paling banyak digunakan di 2021, ini hasilnya. Retrieved from https://www.merdeka.com/uang/survei-terbaru-beberkan-e-commerce-paling-banyak-digunakan-di-2021-ini hasilnya.html. [Diakses 29 Agustus 2022]

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of marketing, 58(3), 20-38.

Muhammad, E. R. (2017). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada pelanggan e-commerce hijup. com). Skripsi. Universitas Islam Indonesia

Nisa, K. (2019). Perbedaan Loyalitas pelanggan pengguna jasa ojek online (go-jek) ditinjau dari jenis kelamin. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Octavian, A. (2019). Analisis loyalitas pelanggan online shop Shopee. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), (2), 1077-1080.

Pohan, F. S., & Aulia, Z. F. (2019). Kualitas situs web, kepercayaan, dan loyalitas konsumen Tokopedia. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 13-22.

Putra, D. (2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan toko Online (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Saputro, R., & Lataruva, E. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada PT. Nusantara Sakti Demak) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis website quality, trust dan loyalty pelanggan online shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55-61.

Situmeang, R. R., Yuwanndy, Veronika & Yeohan, C. (2020). Pengaruh kualitas produk, saluran distribusi dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pt. Fatona jaya sukses. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 840-849.

Soleh, M., & Wahyuni, D. U. (2018). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan indosatlooredoo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(11).

Soraya, R. A. (2019). Pengaruh kualitas website terhadap loyalitas pelanggan dimediasi oleh kepercayaan pelanggan (studi pada marketplace zalora) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Subagyo, S. E. F., & Dwiridotjahjono, J. (2021). Pengaruh iklan, konformitas dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce shopee di kota mojokerto. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 26-39.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Widyanita, F. A. (2018). Analisis pengaruh kualiatas pelayanan e-commerce terhadap kepuasan konsumen shopee indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi uii pengguna shopee. Journal of Materials Processing Technology, 1(1),1-8.

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Zikmund, W. G., McLeod, R., & Gilbert, F. W . (2003). Customer Relationship Management: Integrating Marketing Strategy and Information Technology. New Jersey: John Wiley and Sons.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i1.14178