Penerimaan orangtua yang memiliki anak autis ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua

Vilda Putri - Universitas Negeri Padang
Devi Rusli - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan penerimaan orangtua yang memiliki anak autis di Sumatera Barat. Populasi pada penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak autis di SLB Sumatera Barat. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 191 orang tua yang dipilih dengan metode cluster sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan skala penerimaan orangtua sebagai alat ukurnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan penerimaan orangtua dengan anak autis ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil penerimaan orangtua berada pada taraf signifikansi 0,112 (p>0,05), dapat dilihat dari hasil tersebut bahwa uji hipotesis ditolak karena tidak ada signifikansinya pada perbedaan penerimaan orangtua terhadap anak autis ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua.




Keywords


Kata kunci: Penerimaan Orangtua, Anak Autis, Tingkat Pendidikan Orangtua

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. S. (2007). Sikap Penerimaan Orang Tua terhadap Anaknya yang Menyandang Autisme. Jurnal Psikologi, 1(1).

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Eliyanto, H., & Hendriani, W. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Penerimaan Ibu terhadap Anak Kandung yang Mengalami Celebral Palsy. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2 (2).

Frith, U., & Happé, F. (2005). Autism Spectrum Disorder. Current biology, 15(19).

Faradina, N. (2016). Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3925

Galih, D. R., & Oktarianto, M. L. (2021). Pengalaman Ayah dalam Merawat Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Psikologi Konseling, 18(1), 926-932. https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27825

Ihsan, H. F. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2019). Early Intervention for Children with Autism Spectrum Disorder using Planning Matrix. In The 9th International Conference on Educational Technology of Adi Buana (ICETA 9).

Jamaris, M. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus: Profil, Asesmen, dan Pelayanan Pendidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Jaya, I.M.L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Khoiri, H. (2012). Penerimaan Orang Tua terhadap Anak Retardasi Mental Ditinjau dari Kelas Sosial. Developmental and Clinical Psychology, 1(1).

Kosasih, H, & Virlia, S. (2016). Gambaran Penerimaan Orang Tua dengan Anak Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) C “DG” dan SLB C “SJ”. Psibernetika, 9(1). http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v9i1.475

Kronologi Anak Autis Dibunuh Orang Tua gara-gara BAB Sembarangan, Korban Dipukuli Pakai Selang dan Gayung sampai Pingsan [Online] / auth. Putra Aji // Kompas. - Kompas.com, November 26, 2021. - Januari 31, 2022. - https://regional.kompas.com/read/2021/11/26/202452378/kronologi-anak-autis-dibunuh-orangtua-gara-gara-bab-sembarangan-korban?page=all.

Kurniawan, A. S., Supraptiningsih, E., & Hamdan, S. R. (2018). Pengasuhan pada Anak Autis: Telaah pada Ibu dengan Anak Autis. Prosiding Nasional Psikologi. 2.

Larasati, N. A., Qodariah, L., & Joefiani, P. (2021). Studi Deskriptif Mengenai Parenting Self-Efficacy pada Ibu yang Memiliki Anak dengan Autism Spectrum Disorder. Journal of Psychological Science and Profession, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i1.26717

Lestari, A. P., & Nuraini, T. (2013). Tingkat Pendidikan Orang Tua Mempengaruhi Kemampuan Orang Tua dalam Melatih Perawatan Diri Anak Tunanetra. Jurnal Ilmu Keperawatan.

Mangunsong, F. (2016). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kedua. Depok: LPSP3.

Nadila, A. Y. (2021). Pengalaman Orang Tua dalam Mengasuh Anak Autis di Ponorogo. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 6(1), 30-38. https://doi.org/10.33061/jai.v6i1.5876

Novita, E. (2017). Perbedaan penerimaan diri ibu yang memiliki anak tunagrahita ditinjau dari tingkat pendidikan di SLB-E PTP Medan. Jurnal Diversita, 3(1), 55-62. https://doi.org/10.31289/diversita.v3i1.1180

Pamungkas, E. I. A & Purwanto, S., S.Psi. (2018). Perbedaan Penerimaan pada Orang Tua yang Memiliki Anak Cacat Fisik Berdasarkan Faktor Pendidikan Orang Tua. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pancawati, R. (2013). Penerimaan Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Anak Autis. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i1.3281

Pratiwi, N. I. (2021). Dukungan Sosial dengan Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Rachmayanti, S., & Zulkaida, A. (2011). Penerimaan Diri Orang Tua terhadap Anak Autisme dan Peranannya dalam Terapi Autisme. Jurnal Psikologi, 1(1).

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak. 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Rini, E. S. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2).

Rohner, R. P., & Khaleque, A. (2002). Parental Acceptance-Rejection and Life-Span Development: A Universalist Perspective. Online Readings in Psychology and Culture, 6(1), 1-10.

Safaria, T. (2005). Autisme: Pemahaman Baru untuk Hidup Bermakna bagi Orang Tua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saifuddin, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur Psikologi. Depok: Rajawali Pers.

Sarasvati. (2004). Meniti Pelangi: Perjalanan Seorang Ibu yang Tak Kenal Menyerah dalam Membimbing Putranya Keluar dari Belenggu ADHD dan Autism. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Selamatkan Masa Depan Anak Penyandang Disabilitas, Lindungi dan Penuhi Hak Mereka [Online] / Kemenpppa.go.id. – April 01, 2021. – Juni 06 2022. - https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3126/selamatkan-masa-depan-anak-penyandang-disabilitas-lindungi-dan-penuhi-hak-mereka

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, S. E. (2018). Penerimaan Orang Tua terhadap Kondisi Anaknya yang Menyandang Autisme di Rumah Terapis Little Star. Psikosains (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), 9(2), 140-152.

Tameon, S. M., & Tlonaen, T. (2019). Analisis Penerimaan Orang Tua terhadap Anak Autis di Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 139-148. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i2.23

Valentia, S., Sani, R., & Anggreany, Y. (2017). Hubungan antara Resiliensi dan Penerimaan Orang Tua pada Ibu dari Anak yang Terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 43-57. https://doi.org/10.24854/jpu59

Wijaksono, R. (2016). Studi Kasus tentang Pengaruh Dukungan Sosial dalam Membangun Penerimaan Orang Tua terhadap Anaknya yang Autis. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(6).

Winarsih, M., Nasution, E. S., & Ori, D. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Penerimaan Diri Orang Tua yang Memiliki ABK di SLB Cahaya Pertiwi Kota Bekasi. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 73-82.

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

World Health Organization. (2022). Autism spectrum disorders. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i1.14136