Hubungan Antara Kontrol Diri dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Theresia Sulistyani - Universitas Kristen Satya Wacana
Doddy Wibowo - Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract


Abstrak: Hubungan Antara Kontrol Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pembelajaran Jarak Jauh merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang dirancang secara khusus menggunakan latar tempat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada siswa menengah kejuruan SMK “X”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK “X” kelas “X” sejumlah 150 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan skala kontrol diri dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada siswa menengah kejuruan SMK “X” (p<0,05). Dari hasil tersebut dapat diartikan semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik begitupun sebaliknya jika semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada individu.

Kata kunci: Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik, Siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa universitas muria kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 65–71.

Anggraini, I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Wanita Usia Dewasa Awal. 1–154.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Chisan,Fazaiz Khoirotun & Jannah Miftakhul.2021. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada siswa sekolah menengah atas.Jurnal Penelitian Psikologi. 8(5). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41321

Dewi, L. (2021, March 1). Prokrastinasi Sebagai Kebiasaan Buruk yang Muncul di Masa Pandemi. Facebook, Twitter, Instagram. https://yoursay.suara.com/news/2021/03/01/121905/prokrastinasi-sebagai-kebiasaan-buruk-yang-muncul-di-masa-pandemi

Gracelyta, T. (2021). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Masa Pandemi. 8(2020), 46–54. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/viewFile/14511/pdf

Hidayat, R. (2020). Stress Burnout, Jenuh : Problem siswa belajar daring. https://tirto.id/stres-burnout-jenuh-problem-siswa-belajar-daring-selama-covid-19-f3ZZ

Husna, F., & Suprihatin, T. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Prosding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, 000, 1092–1099.

Kartono, Kartini (1995) Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan), Bandung CV Mandar Maju.

Lestari, P. A. S., & Gunawan, G. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 01, 56–63. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/141

Muhid, A. (2009). Hubungan Antara Self - Control dan Self – Efficacy Dengan Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah. Vol,18.

Putri,S.A.E (2018). Hubungan Antara Avoidance coping Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa.Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmaniah. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Bimbingan Dan Konseling, 6, 10–18.

Rahmawati, S. I. (2021). The effect of Goal Setting and Self Control on Academic Prokrastination in class XI Student at SMKN 4 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 127–137.

Ray, J. V. (2011). Developmental trajectories of self-control: Assessing the stability hypothesis. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 72(6-A), 2163. http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=psyc8&NEWS=N&AN=2011-99230-119

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 07, 1–6.

Susanti, E. Nur Widyawati, D. 2014. Hubungan antara kontrol diri dan konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi unesa. Jurnal Penelitian Psikologi. 2(3). 1-7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10995

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A metaanalytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin,133(1), 65-94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). Tangney, Baumeister and Boone(2008)_High self‐control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success.pdf. Journal of Personality, 2(April 2004), 54.

Triyono, & Khairi, A. M. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan islam). Al Qalam, 19(2), 58–74.

Tuckman, B. W. (1990). Measuring Procrastination Attitudinally and Behaviorally Procrastination Scale. American Educational Research Association, 51, 473–480. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED319792.pdf

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 34–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v5i3.13710