PENGARUH PENDINGINAN UDARA MASUK SEBELUM INTAKE MANIFOLD TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KETEBALAN ASAP GAS BUANG PADA MOTOR DIESEL MITSUBISHI L-300

Syahrul Amri -
Martias Martias -
Irma Basri -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pencemaran udara dan meningkatnya jumlah konsumsi bahan bakar yang disebabkan oleh peningkatan jumlah kendaraan bermotor, pada penelitian ini akan memberikan perlakuan pada udara masuk sebelum intake manifold dengan cara menurunkan temperatur udara yang menuju intake manifold dari 300Cmenjadi 200C. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh pendinginan udara masuk sebelum intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan ketebalan asap gas buang pada motor diesel Mitsubishi L-300. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, yang dilakukan pada tanggal 27 Desember 2013 dengan menggunakan Mitsubishi L-300. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan ketebalan asap dilakukan pada putaran 800 rpm, 2000 rpm, 300 rpm, dengan temperatur 200C dan 300C. pengambilan data dilakukan 2 kali pada setiap putaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa pendinginan udara masuk sebelum intake manifold dapat menghemat konsumsi bahan bakar 15,38 % dan menurunkan tingkat ketebalan asap 58,09 %. Hasil tersebut dihitung menggunakan t tes, untuk perhitungan konsumsi bahan bakar t hitung lebih besar ttabel. (7,6690 > 2,920), sedangkan ketebalan asap gas buang (8,9743 > 2,920)  menunjukan  perbedaan yang signifikan, karena t hitung lebih besar dari ttabel.

 

Kata kunci: Pendinginan, bahan bakar, gas buang


Full Text:

PDF