PENGARUH PENGGUNAAN CDI BRT POWERMAX TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA F150

Robi Saputra -

Abstract


Sepeda motor menggunakan mesin untuk menghasilkan tenaga. Tenaga yang diperoleh dari proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Proses pembakaran dipengaruhi salah satunya oleh sistem pengapian, Sistem pengapian akan bekerja dengan baik apabila arus listrik yang masuk baik dan juga kerja dari tiap-tiap komponen. Komponen dari sistem pengapian salah satunya adalah unit CDI (Capasitor Discharge Ignition. CDI yang digunakan dari sepeda motor terdapat kekurangan seperti saat pengapian yang kurang tepat dan sistem kerjanya yang masih belum optimal, sehingga banyak dari para pengguna sepeda motor yang mengeluhkan sepeda motor mereka pada putaran tinggi konsumsi bahan bakarnya boros tetapi tenaganya yang berkurang. Secara teori dapat diketahui bahwa dengan meningkatnya daya diiringi dengan meningkatnya konsumsi bahan bakar. CDI BRT Powermax memberikan solusi dari kekurangan tersebut, CDI BRT Powermax dapat bekerja dengan optimal karena CDI dapat bekerja pada putaran tertinggi sampai putaran 20.000 Rpm dan menggunakan micro chip yang lebih presisi dalam pengaturan saat pengapian. Hasil penelitian Konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Suzuki Satria F150 tahun 2009 menunjukan bahwa penggunaan CDI BRT Powermax  diperoleh t hitung adalah 2,920 dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima dengan taraf signifikan 5%. Hal ini disebabkan CDI BRT Powermax.


Full Text:

PDF