PERBANDINGAN EMISI GAS BUANG CO DAN HC ANTARA SEPEDA MOTOR SATU BUSI DENGAN SEPEDA MOTOR DUA BUSI (JUPITER MX 135 CC DENGAN PULSAR 135 CC)

Muhammad Bakar -
Wakhinuddin Wakhinuddin -
M Nasir -

Abstract


Penggunaan kendaraan bermotor setiap harinya semakin meningkat. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan akan mengakibatkan kandungan emisi di udara semakin tinggi, apalagi sektor transportasi merupakan sumber polusi tertinggi. Busi adalah suatu alat yang digunakan untuk meloncatkan bunga api listrik di dalam ruang bakar (silinder). DTS-i adalah sistem pengapian yang menggunakan dua busi untuk proses pembakaran di dalam satu silinder. Sistem DTS-i dapat membantu proses pembakaran menjadi lebih sebentar, dengan teknologi ini dapat mencegah terjadinya detonasi, kegagalan pengapian, meningkatkan tenaga, menghemat konsumsi, dan meningkatkan kualitas emisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan emisi yang dihasilkan oleh sepeda motor yang menggunakan satu busi dengan sepeda motor yang menggunakan dua busi.

Hasil pengujian lalu dianalisa dengan analisis statistik t-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil yang diperoleh dari kandungan emisi CO turun 1,7267% dan dinyatakan signifikan dengan thitung = 5,2057 > ttabel = 4,303. Hasil yang diperoleh dari kandungan emisi HC meningkat 313,3333 ppm dan dinyatakan tidak signifikan dengan thitung = 3,7340 < ttabel = 4,303.

 

Kata kunci: Busi, DTS-i, Emisi Gas Buang CO dan HC.


Full Text:

PDF