PENGARUH PENGGANTIAN MAIN JET PADA KARBURATOR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z

Febriansyah Febriansyah -
Hasan Maksum -
M Nasir -

Abstract


Main jet berfungsi sebagai pengontrol jumlah bensin yang disalurkan oleh primary high speed system. Main jet adalah pintu keluar utama bensin dari mangkuk karburator. Main jet terhubung langsung ke nosel. Jika pilot jet berperan di kecepatan rendah, maka main jet berperan untuk kecepatan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor yang menggunakan Main jet standar dengan sepeda motor yang menggunakan Main jet yang divariasikan.

Hasil pengujian lalu dianalisa dengan analisis statistik t-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil yang diperoleh dari penggantian main jet dengan ukuran lebih kecil dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Dimana konsumsi bahan bakar yang paling rendah terjadi pada putaran 1500 rpm menggunakan main jet 100 dengan jumlah konsumsi bahan bakar sebesar 0,29316 liter/jam dengan penurunan konsumsi bahan bakar rata-rata 0,0476 liter/jam pada setiap putaran mesin. Penggantian main jet dengan ukuran lebih kecil dapat mengurangi kandungan CO sebesar 1,31 %, dan hasil uji t dinyatakan signifikan dengan thitung = 12,4586 > ttabel = 4,303. Kemudian, kandungan HC main jet dengan perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor main jet tanpa perlakuan. Hasil uji t pada kandungan HC main jet 100 dengan dinyatakan tidak signifikan dengan thitung = 1,5573 < ttabel = 4,303, main jet 110 thitung = 2,9435 <ttabel = 4,303, dan main jet 115 dinyatakan 1,4407<ttabel = 4,303.

 

Kata kunci: Main jet, Konsumsi bahan bakar, dan Emisi gas buang.


Full Text:

PDF