HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 8 PADANG

Uska Ali -
Martias Martias -
Irma Basri -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa saat pelaksanaan proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa pada Kompetensi Kejuruan Gambar Teknik Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan minat belajar dengan hasil belajar Kompetensi Kejuruan Gambar Teknik  siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang.

Jenis penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa pada Kompetensi Kejuruan Gambar Teknik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang tahun ajaran 2012/2014 yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 36 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin.  Alat pengumpul data adalah angket model skala likert yang telah diuji validitasnya. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > rtabel (0,429 > 0,329) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,7693) > 2,0336) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pada Kompetensi Kejuruan Gambar Teknik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang.


Full Text:

PDF