HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PENGELASAN SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 8 PADANG

Nori Hariyandi -
Martias Martias -
Irma Basri -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya disiplin siswa saat pelaksanaan proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa pada Mata Diklat Pengelasan Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar Mata Diklat Pengelasan siswa kelas X Teknik otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana, dengan jumlah  sampel sebanyak 4 orang yang ditentukan dengan mengggunakan rumus Taro Yamane. Data disiplin belajar diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data hasil belajar Mata Diklat Pengelasan diperoleh dari nilai semester ganjil TA 2013-2014. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan menggunakan rumus t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian ini dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung (0,342) > r tabel (0,281) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung (2,6569) > t tabel (2,01365) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar Mata Diklat Pengelasan siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMKN 8 Padang.

Full Text:

PDF