PENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TSM DI SMKN 3 SIJUNJUNG

Maridun Maridun -

Abstract


Untuk melatih siswa agar dapat berperan aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar, maka perlu menerapkan beberapa metode yang mampu membuat siswa itu lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan dalam proses belajarnya untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Metode-metode ini digunakan untuk menambah variasi dari metode ceramah yang saat ini masih dominan digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Maka secara langsung dapat dilakukan penelitian di sekolah. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode demonstrasi.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran menginterpretasikan gambar teknik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa. Peningkatan ini ditandai dengan lebih dari 80% siswa dapat mengerjakan tugas gambar dengan baik dan benar yang ditunjukkan oleh tercapainya KKM pada mata pelajaran menginterpretasikan gambar teknik.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini adalah 92% telah dapat membuat gambar teknik sesuai dengan SOP. Nilai gambar yang diperoleh oleh siswa dalam membuat tugas gambar tersebut sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70.

Full Text:

PDF