HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI SISTEM SUSPENSI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 8 PADANG

Ananda Kelana -
Martias Martias -
Hasan Maksum -

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran , sehingga menyebabkan hasil belajar siswa pada mata diklat memperbaiki sistem suspensi Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar memperbaiki sistem suspensi siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang.

Jenis penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar memperbaiki sistem suspensi siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari seluruh populasi yang berjumlah 40 orang. Alat pengumpul data adalah angket model skala likert yang telah diuji validitasnya. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung = 0,581 dan r tabel = 0,312, sehingga r hitung> r tabel (0,581> 0,312) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (4,406> 1,6866) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar memperbaiki sistem suspensi siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang. Kekuatan hubungan antara motivasi dengan hasil belajar adalah cukup kuat.


Full Text:

PDF