HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRODUKTIF SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Yolhendrik Yolhendrik -
Faisal Ismet -
Donny Fernadez -

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi yang penulis lakukan di SMK Muhammadiyah 1 Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Rendahnya hasil belajar pada mata diklat produktif siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah sikap belajar siswa. Sikap belajar yang positif akan memperlancar proses belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Sebaliknya sikap belajar siswa yang tidak baik akan mengganggu kelancaran proses belajar dan mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa juga tidak maksimal.

Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat produktif Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang yang berjumlah 118 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 55 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data persepsi siswa tentang sikap belajar diperoleh dari penyebaran angket. Sedangkan data hasil belajar mata diklat produktif diperoleh dari nilai rapor semester ganjil TA 2011-2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,7064 > 0,266) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (7,2658 > 1,6756) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat produktif siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Kata kunci: Sikap belajar, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Produktif


Full Text:

PDF