KONTRIBUSI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT SISTEM REM SISWA JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 GUGUK KAB. 50 KOTA

Syahrul Fadhly -
Nasrun Nasrun -
Daswarman Daswarman -

Abstract


Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada mata Diklat Sistem Rem Siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMK N 1 Guguk  Kab. 50 Kota. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat kecendrungan hasil belajar siswa terhadap mata Diklat Sistem Rem, 2) untuk mengetahui Minat belajar siswa pada mata Diklat Sistem Rem, 3) untuk mengetahui Kontribusi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat sistem rem siswa jurusan teknik otomotif di SMK N 1 Guguk  Kab. 50 Kota. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Hasil hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini Ha diterima, Ho ditolak karena terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar mata diklat sistem rem t hitung> t tabel (2,3214> 2,0261). Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat Ha diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis r² Square sebesar 0,331 menunjukan sumbangan variabel X terdadap Y sebesar  11 % variabel minat belajar memberikan sumbangan terhadap hasil belajar mata diklat sistem rem siswa jurusan teknik otomotif di SMK N1 Guguk kabupaten lima puluh kota. Sedangkan sisanya 89 % di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian.

The problem in this study low student learning outcomes in eyes Brake System Training Student Automotive Engineering Department at SMK N 1 Guguk District. 50 Cities. The objectives in this study were 1) to determine the level of students 'tendency to eye training Brake System, 2) to assess students' learning interest of the eye Brake System Training, 3) to determine the contribution of Interests Study Of Student Results In Eye Training brake systems of automotive engineering students at SMK N 1 Guguk District. 50 Cities. The results of this study revealed that the results of the proposed hypothesis in this study received Ha, Ho is rejected because there is a contribution interest in learning to learn the results of the brake system training t count> t table (2.3214> 2.0261). Thus the previously proposed hypothesis Ha received the level of 95%. The results of the analysis of r ² Square of 0.331 indicates terdadap X Y variable contribution rate of 11% variable interest in learning to contribute to the learning outcomes of the training eye brake systems of automotive engineering students at SMK N1 Guguk fifty districts of the city. While the remaining 89% is influenced by other factors that are not included into the study.

Full Text:

PDF