HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 5 PADANG

Adek Kurniawan -
Nasrun Nasrun -
Donny Fernadez -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang. Rendahnya Motivasi Belajar, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor psikis.Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. Perannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang, semangat untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar.

Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa Kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 65 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 40 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 23 Oktober sampai dengan tanggal 19 November 2012.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung> r tabel (0,38325 > 0,312) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (2,5578 > 1,6892) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang.

Full Text:

PDF