Peningkatan Kompetensi Siswa SMKN 1 Kec. Luak Kab. 50 Kota Tentang Sepeda Motor padaTeknologi PGM FI (Programmed Fuel Injection) Dengan Metode Cooperative Learning

nuzul hidayat - Universitas Negeri Padang
M. Setiawan - Universitas Negeri Padang
Ahmad Arif - Universitas Negeri Padang
Wanda Afnison - Universitas Negeri Padang
Irma Basri - Universitas Negeri Padang

Abstract


Perkembangan teknologi tersebut telah mencakup di segala bidang aspek kehidupan masyarakat. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan salah satu perkembangan yang sangat pesat, di mana era ini membawa iklim yang semakin terbuka untuk saling bekerja sama dan saling melengkapi. Masalah yang paling menonjol adalah praktek pada mata pelajaran Teknik Sepeda Motor, selain kekurangan dalam alat dan bahan praktek juga dihadapkan dengan kondisi alat dan bahan praktek yang sudah usang (out of date) terutama pada teknologi, akibatnya kompetensi siswa ketika lulus ilmu mereka jauh ketinggalan dengan yang dibutuhkan dunia kerja.  Dari kendala yang dialami oleh siswa SMKN 1 Luak Kab. Lima Puluh Kota peneliti melihat ada peluang untuk melakukan peningkatan kompetensi siswa melalui kegiatan praktek dan teoritentang  perawatan sepeda motor PGM FI (Programmed Fuel Injection), kegiatan yang di tawarkan adalah memberikan keterbaruan ilmu bagi siswa dalam menyelesaikan praktek dengan menggunakan kendaraan sepeda motor yang sudah berbasis teknologi full elektronik secara komputerisasi.  Metode pendekatan yang digunakan model pembelajaran cooperative learning. Indikator peningkatan kompetensi akan dilihat dengan cara memberikan pretest dan posttest. Dalam pelaksanaan akan dilakukan secara tatap muka dengan beberapa kali pertemuan dan untuk tindak lanjut akan dilakukan dengan pembimbingan. Hasil peningkatan kompetensi siswa mencapai rata-rata20.96 point atau 33, 50%.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2013). Indonesia Population Projection 2010-2035. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://doi.org/2101018

DPR RI. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Hidayat, N., Arif, A., Setiawan, M. Y., & Afnison, W. (2018). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor, 18(2), 83–90.

Pah, N. D., Yudiarso, A., Tjahjono, H., Febriyanto, G. A., Wibisono, E., Prayitno, A., … Yulardi, A. (2019). Rencana Strategis, 2019.

Pendidikan, N. D. (2007). Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (4789), 3–5. https://doi.org/10.1248/cpb.37.3229

UU NO.32 TAHUN 2004. (2017). Presiden Republik Indonesia. UU Ri, 3(1), 1–53.