HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 KOTO XI TARUSAN

Rhido Miyandra -
Daswarman Daswarman -
Andrizal Andrizal -

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan yang penulis lakukan saat melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa diantaranya melibatkan kondisi psikologis yang berupa kesiapan untuk mengusahakan kegiatan tertentu yang tergantung pada tingkat kematangan fisik, keadaan mental dan perlengkapan orang yang belajar untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Siswa yang memiliki kesiapan belajar yang kuat akan mendapatkan hasil belajar yang tinggi. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan yang berjumlah 24 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 19 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Data kesiapan belajar diperoleh melalui penyebaran angket. Untuk uji validitas butir angket menggunakan rumus product momen, sedangkan untuk uji reliabilitas angket menggunakan metode Alpha Cronboach dimana semua item dinyatakan reliabel. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 25 Mei 2013 sampai dengan 31 Mei 2013. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji signifikansi koefisien korelasi rxy, dilakukan dengan mengkonsultasikan nilai rxy dengan r tabel.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung = 0,5640 dan untuk uji signifikansi korelasi  didapat r hitung > r tabel (0,5640 > 0,482) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Full Text:

PDF