Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknologi Sepeda Motor Siswa SMK

Hasan Maksum - Automotive Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang
Ahmad Arif - Automotive Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang
Toto Sugiarto - Automotive Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang
Wawan Purwanto - Automotive Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang
Dedi Setiawan - Automotive Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang

Abstract


SMK bertujuan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan siap kerja sesuai dengan bidangnya. Namun, kenyataannya lulusan SMK memiliki tingkat pengangguran paling tinggi, yaitu 11,24 %. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kompetensi yang dimiliki lulusan SMK terhadap kebutuhan DU/DI. Kompetensi teknologi sepeda motor merupakan pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh lulusan SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor. Permasalahannya terdapat pada sarana dan prasarana praktikum sekolah yang terbatas dan kurang memadai. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan membantu pemerintah meningkatkan kompetensi siswa calon lulusan SMK di Kabupaten Solok dengan mengadakan pelatihan teknologi sepeda motor. Peserta pelatihan adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Berdasarkan pelaksanaan dan evaluasi pelatihan, hasil yang dicapai siswa sesuai dengan yang direncanakan, yaitu meningkatnya kompetensi teknologi sepeda motor. Sehingga siswa memiliki kompetensi sebelum memasuki DU/DI dan diharapkan dapat menurunkan pengangguran.


Full Text:

PDF

References


http://detikfinance.com, diakses tanggal 7 April 2019.

BPS, "Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia 2018", 2018. (http://bps.go.id).

Sugiarto, T., Amin, B., Purwanto, W., Arif, A., & Putra, D. S., "Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa SMK Melalui Pelatihan Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif". Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK), vol. 19, no. 1, pp. 25-34, 2019.

Hidayat, N., Arif, A., Setiawan, M. Y., & Afnison, W., "Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Perawatan berkala Sepeda Motor". Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK), vol. 18, no. 2, pp. 83-90, 2018.

Saputra, H. D., "Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK". Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK), vol. 18, no. 1, pp. 25-30, 2018.

PT. Astra Honda Motor, "PGM-FI System (Programmed Fuel Injection System, Technical Service Division-Technical Training Dept", 2013.

Jama J. dan Wagino, "Teknik Sepeda Motor Jilid 1, 2 dan 3". Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.