HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT MEMPERBAIKI SISTEM KEMUDI KELAS X TEKNIK OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

Gusrio Sesman -
Nasrun Nasrun -
Hasan Maksum -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya disiplin siswa saat pelaksanaan proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa pada mata diklat Memperbaiki Sistem Kemudi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri I Koto XI Tarusan menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar mata diklat memperbaiki sistem kemudisiswa kelas X Teknik otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri I Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 35 orang yang ditentukan dengan mengggunakan rumus Slovin.Data disiplin belajar diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data hasil belajar mata diklat memperbaiki sistem kemudidiperoleh dari nilai semester genap TA 2012-2013. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan menggunakan rumus t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian ini dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung (0,618) > r tabel (0,334) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung (5,7440) > t tabel (1,69236) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata diklat memperbaiki sistem kemudi siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan

Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar mata diklat memperbaiki sistem kemudi

Full Text:

PDF