HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNP TAHUN MASUK 2010 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Derizal Candra -
Daswarman Daswarman -
Martias Martias -

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan status masuk pada perguruan tinggi yaitu status masuk reguler dan reguler mandiri. Perbedaan status masuk membuat motivasi dan hasil belajar mahasiswa dalam hal ini Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif masih rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Otomotif FT UNP Tahun masuk 2010.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidkan Teknik Otomotif tahun masuk 2010 sebanyak 145 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus taro Yamane (Riduan, 2005: 65) dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Data motivasi belajar mahasiswa diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan angket penelitian dilakukan tanggal 05 Maret 2013 sampai dengan tanggal 12 Maret 2013 pada populasi di luar sampel penelitian. Sedangkan hasil belajar mahasiswa dari nilai rata-rata indek prestasi semester Juli-Desember 2010 dan Januari-Juni 2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,286 > 0,254) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,275 > 2,003) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel (X) motivasi belajar dengan variabel (Y) Hasil belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Otomotif FT UNP Tahun masuk 2010.

Full Text:

PDF