PERBEDAAN VARIASI TEKANAN INJEKTOR TERHADAP OPASITAS/KEPEKATAN ASAP PADA MITSUBISHI L300 DIESEL

Zulfihar Nasra -
Erzeddin Alwi -
Wagino Wagino -

Abstract


Dengan meningkatnya jumlah kendaraan, maka polusi udara yang dihasilkan juga meningkat, salah satunya adalah polusi dari emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan diesel. Kenyataannya di lapangan para konsumen mobil tidak terlalu peduli terhadap emisi kendaraan, dimana para pemilik kendaraan hanya menginginkan perawatan yang menghasilkan tenaga yang mantap untuk kendaraan mereka.

Pada bengkel yang tidak resmi, banyak melakukan perawatan injektor secara feeling saja (berdasarkan pengalaman sebelumnya), padahal pabrik telah menentukan standar perawatan yang harus dilakukan, akibatnya karena perawatan yang tidak sesuai maka output mesin yang dihasilkan juga tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari perawatan kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi terhadap emisi yang dihasilkan kendaraan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy. Pengujian dilakukan pada tanggal 16 mei 2013, dengan menggunakan Mobil Mitsubishi L300 Diesel tahun 2008. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada tekanan injektor 90 kg/cm2 kepekatan asap yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dengan tekanan injektor yang sesuai dengan spesifikasi (110 kg/cm2) dan tekanan injektor 130 kg/cm2.


Kata kunci : Tekanan injektor, Opasitas/Kepekatan asap


Full Text:

PDF