PENGARUH TEKANAN INJEKTOR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ENGINE MITSUBISHI L 300 DIESEL

Rinaldi Rinaldi -

Abstract


Tekanan injektor yang tidak sesuai lagi dengan spesifikasi menjadi salah satu faktor penyebab borosnya pemakaian bahan bakar, asap tebal dan tenaga yang dihasilkan kurang, karena injektor mempunyai peran yang sangat penting, yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar dari pompa injeksi kedalam silinder dengan tekanan tertentu sehingga bahan bakar berbentuk kabut dan tersebar secara merata di ruang bakar.

Penelitian dilakukan pada tanggal 17 mei sampai 17 juni 2013 di workshop otomotif FT UNP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tekanan injektor terhadap konsumsi bahan bakar pada engine Mitshubishi L 300 Diesel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang memberikan perlakuan terhadap objek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan antara tekanan injektor sesuai spesifikasi (110 kg/cm2) dengan tekanan yang tidak sesuai dengan spesifikasi (90 kg/cm2 dan 130 kg/cm2) pengujian dilakukan pada beberapa putaran mesin berbeda yaitu 800 rpm, 1100 rpm, 1400 rpm dan 1700 rpm. Data yang dibandingkan adalah konsumsi bahan bakar.

Berdasarkan hasil penelitian dalam uji statistik menunjukkan thitung pada setiap perbandingan tekanan injektor standar (110 kg/cm2) dengan menurunkan tekanan injektor (90 kg/cm2) dan menaikkan tekanan injektor(130 kg/cm2) secara rata rata lebih besar dari ttabel.

Kata kunci: Injektor, Konsumsi Bahan Bakar, Mitsubishi L300.


Full Text:

PDF