Analisis Tingkat Kebisingan Kendaraan Bermotor di Universitas Negeri Padang

Asep Arianto - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Donny Fernandez - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kebisingan kendaraan bermotor di Universitas Negeri Padang dan menganalisa penyebab terjadinya kebisingan tersebut. Objek penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah di jalan dan ruang belajar di Universitas Negeri Padang dengan menggunakan alat ukur sound level meter, penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu (1) Penggambaran daerah pengukuran, (2) Penentuan titik-titik pengukuran, (3) persiapan alat pengukuran kebisingan, (4) Lakukan pengukuran dan kemudian analisa/pengolahan data tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil tingkat kebisingan yang paling tertinggi terdapat pada titik 2 yaitu pertigaan FIP dan FIS dengan tingkat kebisingan 60.45dB melebihi standar kebisingan Tingkat kebisingan terendah terdapat pada titik 7 ruangan EA.6 jurusan otomotif dengan tingkat kebisingan 47.36dB yang masih dibawah standar kebisingan sesuai dengan Kep. Men – 48/MEN.LH/11/1996) yaitu kawasan pendidikan 55 dB.

 

Kata Kunci: Kebisingan, sound level meter, penelitian deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesahatan Nomor. 718/Menkes/Per/XI/1987tentang kebisingan yang berhubungan dengan kesehatan.

Buchari. 2007. Kebisingan Industridan Hearing Conservation Program. Universitas Sumatera Utara Repository.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 48/MEN.LH/11/1996. Tentang nilai baku tingkat kebisingan dibedakan sesuai dengan peruntukkan kawasan atau tempat kegiatan.

Mardi Wijoyo, Sutrisno. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup .Malang www.lemlit.um.ac.id OFFSET.

Didi Kusaeri, Lagiyono, dan Rusnoto. 2008. Angka Emisi Kebisingan Pada Knalpot Bermaterial Besi, kuningan dan Aluminium Pada Sepeda Motor Jenis Honda Revo Tahun 2008. Jurnal Penelitian.

Eka Widya Pangestika. 2013). Tinjauan Pengukuran Tingkat Kebisingan Di Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) Yang Berdampak Psikologis Petugas Di RSJ Prof. HB. SAANIN Padang Tahun 2013.

Djalante Susanti (2010). “Analisis Tingkat Kebisingan Di Jalan Raya yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL).”

Ganijanti Aby Sarojo. 2001. Gelombang dan Optika. Jakarta : Salemba Teknika.

Jan Hoesada MM. 2007. Pengembangan Bisnis Anti Polusi di Indonesia. Yogyakarta : Andi Offset.

Kus Dwi Yatmo. 2007. Pencemaran Lingkungan dan Penanganannya.

Yogyakarta : PT Citra Aji Parama.

Cindy Leaney. 2006. Seri Lingkungan Hidup Pencemaran. Sydney : Aladdin Books.

Oktavia, B., Alwi, E, & Fernandez, D. (2014). PENGUJIAN TINGKAT KEBISINGAN PADA

RUANGAN PRAKTIK KONTRUKSI BADAN KENDARAAN JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FT-UNP. Jurnal Penelitian. Aoutomotif Engenering Education Journals, 2(1).

Erwan A . P dan Dyah R . S. 2011. Metode penelitian kuantitatif . Yogyakarta :

Gava Media.