Nevil Azhari, Wakhinuddin, Remon Lapisa

Nevil Azhari - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin S - Universitas Negeri Padang
Remon Lapisa - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aim to done because student learning creativity and Class XI Light Vehicle Engineering Expertise Program at SMK Negeri 1 Padang which is still low seen from the results of learning. The purpose of this study was to determine the contribution of learning creativity to student learning outcomes. This type of research is quantitative research that is correlational. Analysis of this research data using regression correlation techniques. Regression correlation analysis is done with the help of a computer program. Based on the results of the research and discussion described in the previous chapter, these are the conclusions: correlation of learning creativity contributes positively and significantly to student learning outcomes, with the correlation coefficient calculated (0,753) > r table 0.266) and t count (5.231) > t table (1,673) at a significant level of 5%. The relationship strength of learning creativity to the student learning outcomes is 75.3%. There is a positive relationship to the learning creativity variable (X) on student learning outcomes (Y) variable, it can be concluded that if a student carries out the application of learning creativity well it will get maximum learning outcomes.

Keywords: contributions to learning creativity, student learning outcomes

Penelitian ini dilakukan karna kreativitas belajar siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang yang masih rendah dilihat dari hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi regresi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang berjumlah 55 siswa dan juga sampel diambil keseluruhannya karena populasi tidak lebih dari 100 siswa. Analisis korelasi regresi dilakukan dengan bantuan program komputer. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Kolerasi Kreativitas Belajar berkontribusi positif dan signifikan dengan Hasil Belajar Siswa,dengan koefisien korelair hitung  (0.753)> r tabel 0.266) dan thitung (5.231) > ttabel (1.673) pada taraf signifikan 5%. Kekuatan Hubungan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa sebesar 75,3 %. Terdapat hubungan positif pada variabel Kreativitas Belajar (X) terhadap variabel Hasil Belajar Siswa (Y), maka dapat disimpulkan bahwa apabila seorang siswa melakukan penerapan kreativitas belajar dengan baik maka akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. 

Kata kunci  : Kontribusi Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Lapisa R, Basri IY, Arif A, Saputra HD. Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK J Inov Vokasional Dan Teknol 2017;17:119–126.

Julius Chandra. 1994. Kreativitas Bagaimana Menanam, Membangan, Membangun, Dan Mengembangkannya. Yogyakarta: Kanisius.

Utami Munandar. 1999. Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat Dalam Kreativitas Dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saputra, Dedi, Faisal Ismet, and Martias Martias, "Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Mata Diklat Las Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 8 Padang." Automotive Engineering Education Journals 1.1, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional .

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006.

Lapisa R, Putra DS, Utama MD, Setiawan D, Ambiyar. Evaluation of learning process using CIPP model. 4th Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train. UNP-2017, vol. 1, Padang: UNP Press; 2017

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010

Priyatno, Buku paham Analisis Statistik Data Dengan. SPSS. Yogyakarta : Mediakom, 2010.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.