Hubungan Persepsi Siswa Dalam Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraarn Ringan Di SMK N 8 Padang

Ilma Putra - Universitas Negeri Padang
Remon Lapisa - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang

Abstract


This research discussed about correlation between students’ perception in teaching method toward students’ achievemwnt. Background of the problem In this research is low interest, conception, and students’ respond toward the material that be given by th teacher in teaching learning process. This research is quantitative research typed correlational. Population in this research is the eleventh grade students of expertise program of minor vehicle at SMK 8 PADANG 2017/2018 Academic Year. They are 45 students. This research used stratified random sampling as technique sampling to determine sample. Sample in this research was 31 students. Data of students’ perception in teacher teaching method and students' achievement got by valid and reliability questionnaire. Technque of data anlysis inthis research was technique analysis of product moment correlation. The finding in this research showed that (1)coefficient correlation r count (0.957) >r table(0.355) and t count(17.769)>t table1(,699) on 5% significants degree. (2)  coefficient correlation r count (0.964)> r table(0.355) and t count (19,522)>t table(1,699) on 5% significant degree. Based on the result of this research, the researcher concluded that students' perception in teacher teaching method have positive and significant relationship toward students' achievement.

Penelitian ini membahas tentang hubungan persepsi siswa dalam metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa yang di latar belakangi pada masalah masih kurangnya perhataian, tanggapan dan respon siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK 8 Padang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified random sampling untuk menentukan jumlah sampel, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa. Data persepsi siswa dalam metode mengajar guru dan hasil belajar siswa di peroleh melalui penyebaran angket yang telah di nyatakan valid dan reliable. jenis analisis data yang digunakan teknik adalah teknik analisis korelasi Product Moment. Hasil dari analisis di peroleh (1) koefisien korelasi r hitung (0,957) > r tabel (0,355) serta t hitung (17,769) > t tabel (1,699) pada taraf signifikansi 5%, (2) koefisien korelasi r hitung (0,964) >  r tabel ( 0,355) serta t hitung (19,522) > t tabel (1,699) pada taraf signifikansi 5%.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa dalam metode mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci:

Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa.


References


Lapisa R, Basri IY, Arif A, saputra Hd. Peningkatan kompetensi siswa melalui pelatihan auto cad. Invontek inovasi vokasinal dan teknologi 2017: 17: 119-126.

Sarwono, Sarlito. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press

Hamalik, Oemar (2001). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana N,(2010).Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar.Bandung:PT Sinar BaruAlgensindo

Syah Muhibbin. (2014). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Walgito Bimo. (2010).Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta.Andi Offset

Martias, (2014). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Mata Diklat Las Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 8 Padang.

Arikunto,S(1998). Prosedur Penelitian SuatuPendekatanPraktek.Jakarta:Rineke Cipta

Lapisa R, Putra DS, utama Md, setiawan d, ambiyar. evaluation of learning process using CIIP model. 4th internasional conference on technical and vocational education and training UNP -2017, vol. 1, padang: UNP Press: 201

Syofian. 2013. Statistic Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta Bumi Aksara