Persepsi Siswa Tentang Praktek Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) dalam Proses Pembelajaran di SMK N 1 Padang

Gumilang Kristianto - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract

This research based on the assumption that there are still many PPLK students who have not know about basic competencies in teaching, and still can not work as a teacher, so that the process becomes less than optimal. This type of research is descriptive, which is the purpose of the research is to know about student’s perception about teaching practice by PPLK student in SMK Negeri 1 Padang. Based on the result, the conclution of student’s perception about teaching practice by PPLK student in SMK Negeri 1 Padang, by four sub-variables of teaching planning shows student’s perception are very good on average (82.20%), classroom management show that students perception are very good on average (83.25%), the teaching method shows that student’s perception are very good on average (84.07%), and evaluation shows that student’s perception are very good on average (97.20%). Overall the teaching practice by PPLK student in SMK Negeri 1 Padang shows the student’s perception are very good on average (83%).                                   

Keywords : Perception, teaching pcatice. learning

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya anggapan bahwa mahasiswa PPLK masih banyak yang kurang menguasai kompetensi dasar mengajar, dan masih belum dapat melakukan unjuk kerja sebagai seorang guru, sehingga tidak dapat melakukan pengajaran dengan baik.Jenis penelitian ini adalah penelitiaan deskriptif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang persepsi siswa tentang praktek mengajar mahasiswa PPLK  dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang praktek mengajar mahasiswa PPLK  dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang, dari empat sub variabel yaitu perencanaan pengajaran menunjukkan persepsi siswa rata-rata baik sekali (82.20%), Pengelolaan kelas menunjukkan persepsi siswa rata-rata baik sekali (83.25%), metode pengajaran menunjukkan persepsi siswa rata-rata baik sekali (84.07%), dan evaluasi menunjukkan persepsi siswa rata-rata baik sekali (97,20%), Secara keseluruhan Praktek mengajar mahasiswa PPLK  dalam proses pembelajaran di SMK N 1 Padang menunjukan persepsi siswa rata-rata dalam kategori baik sekali (83%)

Kata Kunci : Persepsi, praktek mengajar, pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Depdiknas, Kerangka Acuan Kerja Program Pendampingan SMK Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik. Jakarta: Depdiknas, 2008.

Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta:Balai Pustaka, 1994.

Muhyadi . Organisasi, Teori, Struktur dan Proses. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPL-PK. 1989.

Martias, dkk. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Mata Diklat Las Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 8 Padang. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Padang. 2014

M. Nasir, dkk. Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Lintau Buo. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Padang. 2014

UNP Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan. Padang: Fakultas Teknik 2016

I.G.K Wardani, dkk Program Pengalaman Lapangan (PPL). Padang. UNP 1994.

Uzer Usman Menjadi Guru Profesional. Bandung, Rosdakarya 2000.

Muhammad Zainal Abidin Keterampilan Yang Harus Dimiliki Guru Saat Mengajar. Online. Diakses tanggal 19/04/2011. http://meetabied. wordpress.com. 2009.

Oemar Hamalik Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2001.

Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta 2006.

Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.