HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PADANG

Riki Antoni - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap belajar, motivasi, ketekunan, kemandirian siswa dan masih belum optimalnya hasil belajar mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap belajar siswa, hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan sikap belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK N 1 Padang yang mengikuti mata pelajaran pada tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 95 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner, analisis data yang digunakan adalah deksripsi data pengujian persyaratan analisis dan uji hipotesis.

 

Kata Kunci: Sikap Belajar, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

 

The problem in this study is the low attitude of learning, motivation, persistence, independence and still not optimal student learning outcomes subjects of class X student engineering drawing engineering light vehicle SMK Negeri 1 Padang. The purpose of this study was to determine the attitude of student learning, student learning outcomes and to find out how much the relationship with the learning outcomes and learning behaviors of students in the subjects of class X student engineering drawing engineering light vehicle SMK Negeri 1 Padang. This research is a quantitative study which is descriptive correlational. The population in this study were all students of class X TKR in SMK N 1 Padang that follow subjects in the 2012-2013 school year, amounting to 95 people, while the samples in this study were as many as 50 people. Techniques of data collection in this research that uses questionnaires, data analysis is the description of the used test data analysis and hypothesis testing requirements.

 

Keywords :  Learning Attitude, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah. (2005). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarlito Wirawan Sarwono. (2002). Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sukma Dinata dan Nana syaodih. (2004). Landasan spikologi proses pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sumandi Suyabrata. (2006). Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suharmisi Arikunto. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek (edisi revisi V). Jakarta : Rineka Cipta.