UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Ahda Januar - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin S - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata diklat Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang tidak membawa bahan ajar/modul, siswa tidak mengerjakan tugas, dan rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Alat Ukur siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan menggunakan metode pemberian tugas. Jenis penelitaian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut dengan Classroom Action Research adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian berjumlah 32 orang. Persentase rara-rata aktifitas siswa pada siklus 1 adalah 34,99% dengan kategori sedikit, pada siklus 2 adalah 69,67% dengan kategori banyak dan terjadi peningkatan aktifitas siswa sebanyak 34,68%. Rara-rata hasil belajar siswa siklus 1 yaitu 73,25 pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 85,09. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 11,84. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas sangat efektif pada mata diklat alat ukur SMK Negeri 1 Sumatera Barat, hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan persentase aktifitas belajar siswa sebanyak 34,68% dan peningkatan hasil belajar siswa mencapai 11,84.

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode Pemberian Tugas, Hasil Belajar.

 

Abstract

Efforts to improve student learning outcomes by using the method of assignment to the eyes of the Measurement Tools Class X Class Vehicle Lightweight SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Problems found in this study are still many students who do not bring the materials / modules, students do not do the task, and low student learning outcomes. The purpose of this study is to determine the improvement of student learning outcomes in the eyes of the Measurement Tool students class X Vehicle Lightweight Engineering SMK Negeri 1 Sumatera Barat by using the method of assignment this Type of Classroom Action Research (CAR) is action research conducted with the aim of improving the quality of learning in the classroom. Subjects in the study amounted to 32 people. The percentage of average student activity in cycle 1 is 34.99% with the small category, in cycle 2 is 69.67% with the category of lot and student activity increase as much as 34.68%. Average student learning outcomes cycle 1 is 73.25 in cycle 2 average student learning outcomes 85.09. An increase in student learning outcomes average 11.84. It can be concluded that the use of assignment method is very effective in the eyes of SMK Negeri 1 Sumatera Barat Measurement Tool, this is evidenced by the increase in the percentage of student learning activities as much as 34.68% and the increase in student learning outcomes reached 11.84.

                                                                  

Keywords: Classroom Action Research (CAR), Task Assignment Methods, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Wakhinuddin. 2010. Merencanakan

Pembelajaran Teknik Otomotif.

UNP Press. Padang.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar

mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Bahri Syaiful, dan Zain,

Aswan. 2010. Strategi Belajar

Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor

Faktor Yang Mempengaruhinya.

Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi . 2010. Prosedur

Penelitian. Rineka Cipta. Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. “Statistika Untuk

Penelitian”. Alfabeta. Bandung.

(7) Kusumah, Wijaya dan Dwitagama,

Dedi. (2010). Mengenal Penelitian

Tindakan Kelas. PT. Indeks

Permata Puri Media. Jakarta.