PENGARUH PENGGUNAAN VOLTAGE STABILIZER TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 110 CC TAHUN 2009

Romi Afriwan - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRACT

Various efforts are underway to minimize fuel consumption and exhaust emissions of vehicles especially in conventional vehicles.. The hypothesis of the research is there is a significant influence on the use of voltage stabilizer against fuel consumption and exhaust emissions of vehicles especially in motorcycles Honda Vario 2009.This research was conducted on October 3 – 10 April 2017, using motorcycles Honda Vario year 2009 with experimental research methods. The results showed that the use of a voltage stabilizer on a motor bike Honda Vario year 2009 effect significantly to fuel consumption and also a significant effect against the content of exhaust emissions of CO and HC.

Keywords: Voltage Stabilizer, fuel consumption and exhaust emissions.

 

ABSTRAK

Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang kendaraan terutama pada kendaraan konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan voltage stabilizer terhadap konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang kendaraan khususnya pada sepeda motor Honda Vario 2009. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 – 10 April 2017, dengan menggunakan Sepeda motor Honda Vario tahun 2009 dengan metode penelitian eksperimen. Proses pengujian dengan menggunakan  voltage stabilizer sebagai sampelnya. Proses pengujian dilakukan sebanyak 3 kali kemudian di rata-ratakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan voltage stabilizer pada sepeda motor Honda Vario tahun 2009  berpengaruh signifikan terhadap konsumsi bahan bakar dan juga berpengaruh signifikan terhadap kandungan emisi gas buang CO dan HC.

Kata Kunci : Voltage Stabilizer, Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang.


Full Text:

PDF

References


Anderson, P.M., Fouad, A.A,1982 Power Sistem Control and Stability, The loa State University Pres.

Badan Statistika Kementrian perhubungan Indonesia. Statistik Perhubungan 2012.

Daryanto. (2011). Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor. Bumi

aksara. Jakarta

Ellyanie. (2011). “Pengaruh Penggunaan Three–Way Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Toyota Kijang Innova”. Lapotran Penelitian. Universitas Sriwijaya.

Jalius Jama, Wagino. (2008) Teknik

Sepeda Motor Jilid 2. Direktorat

Pembina Sekolah Menengah Kejuruan: Jakarta

Jayadin. (2007). Ilmu Elektronika Dasar.

Menteri Negara Lingkungan Hidup. (2012). Data Pencemaran Udara Tahun 2012

Widiharso. (2013). Teknik Elektronika Komunikasi. Kementrian pendidikan dan kebudayaan

www.saft7.com, diakses pada 16/02/2014

Safrizal, S., Martias, M., & Putra, D. (2016). ANALISIS PENGGUNAAN VARIASI KAPASITOR BOOSTER PADA SISTEM PENGAPIAN TERHADAP TEGANGAN OUTPUT PRIMER DAN SEKUNDER KOIL SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN 125 R TAHUN 2006. Automotive Engineering Education Journals, 2(2).