PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PADANG

Zul Rahmad - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 1 Padang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan selama dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dan siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 1 Padang yang mengikuti pembelajaran berjumlah 27 orang tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes akhir siklus. Post test akhir siklus berjumlah 25 butir soal berbentuk objektif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I sebesar (64,40%) dan rata-rata hasil belajar (post test) yang diperoleh sebesar (76,44%). Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil observasi aktifitas siswa sebesar (80,92%) dan rata-rata hasil belajar (post test) diperoleh sebesar (82,22%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 1 Padang pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif jigsaw, peningkatan hasil belajar.

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the results of student learning class XI TKR A SMK Negeri 1 Padang using jigsaw cooperative learning model. This type of research is a classroom action research, conducted during two cycles, namely cycle I and cycle II. Subjects in this study were subject teachers. SMK Negeri 1 Padang learning lesson 27 people year language 2017/2018. The instrument of this research is the observation sheet and the final test of the cycle. Post the final test of the 25-item article chapter. From the research result, the average of observation result of student activity in cycle I is (64,40%) and the average of result of study (post test) obtained is (76,44%). In cycle II, the average of observation result of student activity (80,92%) and average of learning result (post test) equal to (82,22%). Thus it can be concluded the use of cooperative learning model jigsaw can improve student learning outcomes class XI TKR A SMK Negeri 1 Padang on subjects Light Electric Vehicle Maintenance.

 

Keywords: Jigsaw cooperative learning model, improvement of learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Bahri Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Isjoni. 2011. Cooperarative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Peelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Pesada.

Natawijaya, Rochman. 2005. Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sadirman, A.M. 2010. Interaksi dan

Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindi Jakarta.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2010. Strategi Pembelajaran Bandung: Falah Prduction.