PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 TARUSAN

Wengki Wengki - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Pengunaan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode belajar diskusi kelompok dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode belajar biasa atau ceramah dan untuk memperbaiki cara berfikir dan keterampilan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X teknik otomotif sepeda motor semester 1 Juli-Desember 2017 SMK Negeri 1 Tarusan Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 59 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 35 butir soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t kesamaan dua rata-rata. thitung  (4,17) > ttabel  (2,00247) dan persentase pengaruh 14,9 %. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata hasil belajar kelas eksperimen 83,44 dan 75,20 untuk kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Metode Diskusi Kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknologi Otomotif kelas X Program Studi Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan.

 

Kata Kunci : Motode Diskusi Kelompok, Motode Ceramah, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

 

 

This study discusses the effect of the Use of Methods of Group Discussion on Student Learning Outcomes in Basic Subjects of Motor Vehicle Engineering Subject SMK Negeri 1 Tarusan. The purpose of this research is to know the difference of student learning result which is taught by using group discussion study method with student learning result taught by ordinary study method or lecture and to improve student's thinking and communication skill. This research type is quantitative approach with experiment method, this research population is student of class X motor vehicle automotive technique semester 1 July-December 2017 SMK Negeri 1 Tarusan Lesson Year 2017/2018, which amounts to 59 people. The instrument of this research is objective test result of learning. The test amounted to 35 items of questions that have been tested for validity and reliability, to test the hypothesis using a two-t equality test. tcount (4.17)> ttable (2,00247) and percentage of effect 14,9%. From the research result, it is got the mean value of experimental class learning result 83,44 and 75,20 for control class. Thus it can be concluded there is influence of the application of learning model Methods Group Discussion on student learning outcomes in the subjects Basic Work Automotive Technology class X Automotive Engineering Program Motorcycles SMK Negeri 1 Tarusan.

 

Keywords : Group Discussion Method, Lecture Method, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Albana. 2014. Implementasi Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V Mi Ma’arif Tuhfatul Mubtadiin 2 kalinegoro Mertoyudan Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyonno. 2006. Metode Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suryono. 2009. Diskusi Kelompok Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Darussalam Ciputat-Tanggerang. Tanggerang.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tukiran, Taniredja. DKK 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung : Alfabeta.

Yamin, Martinis, DKK. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta.

Wakhinuddin, S. 2010. Merencana Pembelajaran Teknik Otomotif Dari Prinsip Pembelajaran Ke Strategi Pambelajaran. Padang : UNP Press Padang