SUMBANGAN BEBERAPA FAKTOR MATA KULIAH KEPENDIDIKAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Suhaimi Zarrin - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin S - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berawal dari hasil tracer study jurusan teknik otomotif  fakultas teknik universitas negeri padang. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan atau korelasi mata kuliah kependidikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode uji korelasi Rank Spearman. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif  Universitas Negeri Padang tahun masuk 2012, 2013, dan 2014, yang telah lulus mata kuliah kependidikan berjumlah 43 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebanyak 31 butir pernyataan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,737 dengan taraf signifikansi untuk hipotesis umum sebesar 0,000.Dari hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 <α (0,05) maka hipotesis kerja Ha diterima. Artinya terdapat hungan yang signifikan antara sumbangan beberapa faktor matakuliah kependidikan terhadap minat menjadi guru. Hubungan ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0.737 yang termasuk dalam kategori kuat (0,60-0,799).

Kata Kunci

Mata Kuliah Kependidikan, Minat Menjadi Guru.

 

ABSTRACT

This research originated from the result of the automotive tracer enginereing faculty of State University Padang. This hypothesis is the correlation of the relationship or the correlation of educational subjects of student interest to be a teacher. This research used the correlation test method Rank Spearman. The population of this study are studentss of automotive engineering program State University of Padang 2012, 2013 and 2014 that has passed 43 educational subjects. Data collection in this research uses 31 questionnaires. From the research results obtained correlation coefficient value of 0.737 with the level of significance for the general hypothesis of 0.000. From the calculation results obtained significance value of 0.000 <α (0.05) then the hypothesis Ha accepted work it means there a significance relationship between the contribution of some factors of education subjects to interest to be a teacher. This  relationship is indicated by the value of the correlation of 0.737 included in the strong category (0.60-0.799).

Keywords

Course of Education, Interest Become teachers


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyati, Arlian Ayu (2014) “Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Tingkat Kematangan Calon Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Jurnal Penelitian. Hlm 9.

Dimyati dan Mudjiono. (1990). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kharisma Utama Offset

Hetherington, E. M. & Feldman, S. E. (1964). Collage cheating as function of subject and situational variables. Journal of education psycologi, 55 (4) 212-218.

Indarti, Tri Wahyu (2014) “Pengaruh Matakuliah Kependidikan Dan Program Pengalaman Lapangan Terhadap Minat Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angakatan 2010”. Jurnal Penelitian. Hlm 11.

Lufri. (2007). Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press

Muhammad, Dalyono. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Naim, Ainun. (2009). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Arus Media.

Purwanto, M Ngalim. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah No.19 Pasal I Bab I ayat 6. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Rasyidin, Waini. (2014). Pedagogik Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja. Rosda Karya.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2006).Strategi Pembeljaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung:Kencana Frenada Media Group.

Sadulloh , Uyoh. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 1986. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjiono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tim Penyusun UNP. (2011). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Tim Pembina Matakuliah Perkembangan Peserta Didik. (2006). Perklembangan Peserta Didik. Padang: Universitas Negeri Padang.

Usman, Uzer. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.