HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Sarwono Sarwono - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Donny Fernandez - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sistem Pengapian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Padang. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu,  menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu hubungan antara dua variabel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Populasi penelitian ini berjumlah 76 siswa dari kelas XI TKR dan XI TSM dan sampel penelitian berjumlah 44 siswa. Sampel diambil dari kelas XI TKR dan XI TSM. Data berasal dari data primer dikumpulkan dengan cara memberikan angket kepada sampel kelas XI TKR dan kelas XI TSM yang masing-masing berjumlah 22 siswa dan data skunder diambil dari nilai UAS Semester Ganjil siswa kelas XI TSM dan siswa kelas XI TKR yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Padang. Diperoleh hasil dengan koefisien korelasi r hitung  (0,402) >  r tabel (0.297) dan t hitung (3.10498) > t tabel (2,01808) pada taraf signifikan 5%. Kekuatan hubungan antara motivasi belajar dengan  hasil belajar siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Padang, sebesar 0,402 (r = 0,297). Tingkat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa tersebut tergolong dalam ketegori cukup.

 Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa

 

ABSTRACT

 

This study discusses the relationship of learning motivation to student learning outcomes. The purpose of this study is to determine the relationship of learning motivation to the results of student learning class XI on subjects Lightning Engineering System Vehicle and Motorcycle Engineering SMK Muhammadiyah 1 Padang. This research method is descriptive correlational that is, describe what is about a variable, symptom or actual situation. This study aims to determine whether there is a relationship between two variables. The sampling technique is done proportional random sampling. The population of this research are 76 students from class XI TKR and XI TSM and the sample of research is 44 students. Samples were taken from class XI TKR and XI TSM. Data derived from the primary data collected by giving a questionnaire to the sample class XI TKR and class XI TSM which each amounted to 22 students and the secondary data taken from the value of UAS Odd Semester students class XI TSM and students class XI TKR, each amounting to 22 students. Based on the results of data analysis found that there is a positive and significant relationship between the learning motivation of the learning outcomes of Class XI Students on the Subjects of Light Vehicle Engine and Vehicle Engineering Ignition Technique SMK Muhammadiyah 1 Padang. The results obtained by the correlation coefficient r count (0.402)> r table (0.297) and t arithmetic (3.10498)> t table (2.01808) at a significant level of 5%. The strength of the relationship between learning motivation and student learning outcomes of class XI On the Subject of Light Motor Vehicle Lightning System and Motorcycle Engineering SMK Muhammadiyah 1 Padang, amounted to 0.402 (r = 0.297). Level of relationship of learning motivation with student learning outcomes belong to enough category.

 

Keyword: Motivation to Learn, Student Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Arends Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar (Learning To Teach) Edisi 9-Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI No. 23 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik Oemar 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Sardiman. A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyowati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Semarang: Skripsi.

Sjukur Sulihin B. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan (vol 2, nomor 3, 2012). Hlm. 5.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methoods). Bandung: Alfabeta Bandung

Uno Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis Di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

UNP. 2010. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: UNP