MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF KELAS X OTOMOTIF DI SMK N 1 SUMBAR

Mulyadi Mulyadi - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin S - Universitas Negeri Padang
Donny Fernandez - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif (PDO) kelas X TKR di SMK N 1 Sumbar. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Sebelum melaksanakan siklus I, dan II terdapat tahap pra siklus yang berguna untuk mengetahui hasil dan metode belajar siswa. Subjek penelitian ialah siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Sumbar. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar penilaian hasil belajar siswa. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan: 1. Pembelajaran Aktif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif. Hal ini terlihat pada hasil penelitian yang menunjukkan pada siklus I jumlah rata-rata siswa yang aktif saat diskusi 35,03 % dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata 60,92 % (kriteria tinggi) atau naik sebesar 23,8 %. 2. Pembelajaran Aktif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dan suasana kelas saat proses belajar mengajar  menjadi lebih berkembang.

 

Kata Kunci          : STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar.

 

ABSTRACT

This type of research is the research of class act, which aims to find out the influence of the application of the cooperative learning model type STAD against learning activities of students on Basic Automotive Work subjects (PDO) class X TKR in SMK N 1 West Sumatera . This research takes place in 2 cycles. Before carrying out the cycle I and II there is a pre phase cycles that are useful to know the results and methods of student learning. The subject is a student of class X 1 West Sumatera SMK TKR. Research instrument used is the student learning outcomes assessment sheet. Quantitative data obtained are then analyzed with descriptive statistics. Class action research cycle I pointed out: 1. Active learning type of Student Teams Achievement Division (STAD) enhances the learning activities of students in the subjects Basic Automotive Work. This can be seen on the results of research that shows the cycle I the number of average students active when discussion 35.03% criteria enough, while on cycle II activity students experience increased with the average percentage of 60.92% (criteria high) or rose by 23.8%. 2. Active learning type of Student Teams Achievement Division (STAD) enhances the learning activities of students in the learning process and the atmosphere of the classroom when teaching and learning become more developed.

                                                                                                           

Keywords: STAD (Student Teams Achievement Division) , The Results Of The Study


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Catharina Tri Anni.( 2004).Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Press.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

E.Mulyasa.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin, Syah. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Pardjono, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Lembaga

Penelitian Universitas Yogyakarta

Purwanto Ngalim. (2009). Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Remaja Rosda karya

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative learning teori, riset, dan praktik,penerjemah Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Syaiful Bachri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang RI SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003

UNP (2010). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: UNP

Wakhinuddin, S. (2010). Merencanakan Pembelajaran Teknik Otomotif. Padang. UNP Press.