PERBANDINGAN BEBERAPA MERK PELUMAS TERHADAP PERUBAHAN TEMPERATUR MESIN PADA HONDA BEAT TAHUN 2014

Rijal Mukhtar - Universitas Negeri Padang
Donny Fernandez - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berawal dari semakin meningkatnya kebutuhan manusia khususnya sepeda motor matic, Saat ini sebagian besar masyarakat memiliki kendaraan bermotor sehingga akan sangat membutuhkan oli. Oli yang dipakai pada kendaraan hendaknya harus sesuai dengan kebutuhannya. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pelumas yang cocok digunakan untuk sepeda motornya berdampak pada pemilihan pelumas berdasarkan merk dan tidak memperhitungkan kebutuhan dari mesin. Penelitian ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang kualitas pelumas yang baik untuk kendaraan yang mereka gunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan pada tanggal 01 Agustus 2017 s/d 05 Agustus 2017, dengan menggunakan sepeda motor Honda Beat Tahun 2014, untuk pengujian perbandingan beberapa merk pelumas terhadap perubahan temperatur mesin. Menggunakan pelumas MPX 2, pelumas Federal Matic, pelumas Top 1 dan pelumas Pertamina Enduro Matic, pada putaran mesin idle (1700 RPM) selama 10 menit pengujian (600 detik), dilakukan empat kali pada tiap sampel kemudian dibandingkan untuk masing-masing sampel yang dilakukan pengujian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa temperatur tertinggi dari beberapa merk pelumas yang diujikan adalah pelumas Top 1 Action Matic dengan temperatur 71,6 ᵒC. Kemudian disusul pelumas Pertamina Enduro Matic dengan temperatur 67,1 ᵒC. Kemudian diikuti oleh pelumas Federal Matic dengan capaian temperatur 64,6 ᵒC. Pelumas MPX 2 memiliki kenaikan temperatur paling rendah dengan temperatur mesin 62,2 ᵒC .

 

Kata Kunci:

Jenis pelumas, suhu mesin, sepeda motor matic Honda Beat Tahun 2014

 

ABSTRACT

This research started from the increasing of human requirement especially motorcycle matic, Currently most of society have motor vehicle so will need oil. Oil used in vehicles should be in accordance with their needs. Lack of public knowledge about suitable lubricants used for motorcycles impacts on lubricant selection based on brand and does not take into account the needs of the machine. This study aims to inform the public about the quality of lubricants that are good for the vehicles they use. This research uses experimental research method. The test was conducted on August 1, 2017 to 05 August 2017, using Honda Beat Motorcycle Year 2014, for testing the comparison of some brands of lubricants to changes in engine temperature. Using MPX 2 lubricants, Federal Matic lubricants, Top 1 lubricants and Pertamina Enduro Matic lubricants, at idle engine spin (1700 RPM) for 10 minutes of testing (600 seconds), were performed four times on each sample then compared for each sample performed Testing. From the research results obtained that the highest temperature of some lubricant brands tested is the lubricant Top 1 Action Matic with a temperature of 71.6 ᵒC. Then followed by Pertamina Enduro Matic lubricant with temperature 67,1 ᵒC. Then followed by Federal Matic lubricant with temperature achievement of 64.6 ᵒC. MPX 2 lubricant has the lowest temperature rise with engine temperature of 62.2 ᵒC.

 

Keywords:

Type of lubricant, engine temperature, motorcycle matic Honda Beat Year 2014

Full Text:

PDF

References


Anton L. Wartawan, Dipl. Ing (1998). Pelumas Otomotif Dan Industri. Balai Pustaka Jakarta:

API (American Petroleum Institute).

Bird, Tony (1987), Kimia Fisik Untuk Universitas, Jakarta: Gramedia

BMC Training Centre. (2011). Sistim Pelumasan. Jakarta: PT. Intraco Penta. Tbk

D.Young, Hugh Dan Roger A. Friedman, (2002) Fisika Universitas (Terjemahan) Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

H.N. Gupta.2006. Fundamental Of Internal Combustion Engines.

Mind Genesis (2008), Pilih Varian Matic Atau Motor Irit BBM.

M. Fuad 2011. Jurnal komperasi sesugguhnya kekentalan kode SAE oli.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup, 05. 2006 Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Pertamina, (2000). Pelumas Produksi Pertamina.

PT.Intraco Penta Tbk, (2010:2014), Operation Managemen Maintenance.

PT. Kobexindo Tractors. 2012. Operation Managemen Maintenance. Jakarta: Assembly Excavator Doosan

Pulkrabek, Willard W. (2004). Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. Upper Saddle River, New Jersey 07458

Olson, R. 1993. Dasar dasar mekanika fluida teknik, edisi kelima. Jakarta : Pt

gramedia pustaka utama

Sadono, Sukirno. (2010). Makroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: PT.Raja Grasindo Persada

Stevan Raharjo, Nugroho (2012). Identifikasi Fisis Viscositas Oli Mesin Kendaraan Bermotor Terhadap Fungsi Suhu Dengan Menggunakan Laser Helium. Jurnal Fisika: Institute Teknologi Sepeluh Nopember.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2010. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas

Negeri Padang. Padang: Depdiknas UNP

Universitas Negeri Padang. (2010). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: UNP Press.

www.astra-honda.com/produk/honda-gparts/ahm-oil/ diakses April 2017

www.intertek.com/petroleum/testing/lubricants diakses April 2017