PENGARUH PENGGUNAAN TURBO CYCLONE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO SOUL

Ridwan Ridwan - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK          

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi otomotif yang barkembang pesat.Meningkatnya kebutuhan masyarakat pada kendaraan bermotor mempunyi dampak yang cukup serius,diantaranya pencemaran lingkungan dan semakin menipisnya persediaan bahan bakar minyak.hal ini membuat banyak orang semakin kreatif dalam berupaya mengembakan alat untuk menghemat bahan bakar dan menurunkan emisi gas buang. Salah satunya adalah Turbo Cyclone berfungsi untuk membuat aliran udara yang akan masuk kedalam karburator dan silinder ruang bakar menjadi berputar / swirling, sehingga dapat membantu proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi homogen,dan dapat mengurangi kandungan gas berbahaya seperti CO dan HC pada emisi gas buang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Turbo Cyclone terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor.

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Turbo Cyclone. pada  putaran mesin menghasilkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah terutama emisi gas buang Co, Konsumsi bahan bakar pada 1500 rpm turun 7.234% pada putaran 2000 turun 19.692% dan pada 2500 rpm turun 13.81%. Sedangkan Emisi gas buang CO pada putaran 1500 rpm sebsar 59.714% , CO pada 2000 rpm sebesar 3.192%  dan pada 2500 rpm sebesar 12.443%. Emisi gas buang HC pada putaran 1500 rpm turun 6.571% HC pada 2000 rpm Mengalami peningkatan sebesar 1.413%, HC pada 2500 rpm  8.257% lebih tinggi

 

Kata Kunci : Turbo Cyclone, Konsumsi, Emisi

 

ABSTRACT

               This research is based on the rapid development of automotive technology barkembang.Exclusive needs of the public on motor vehicles sound effects are quite serious, such as environmental pollution and the depletion of fuel oil supplies. This makes many people more creative in trying to fire tools to save fuel And reduce exhaust emissions. One of them is Turbo Cyclone to make airflow that will enter into carburettor and cylinder of burning chamber become swirling / swirling, so it can help process of mixing of fuel and air become homogeneous, and can reduce dangerous gas contents like CO and HC on exhaust gas emission . The purpose of this study was to determine how the influence of Turbo Cyclone use on fuel consumption and exhaust emissions on motorcycles.

 

               The results showed a significant influence from the use of Turbo Cyclone. On engine rotation results in lower fuel consumption and exhaust emissions especially Coal emissions Co, Fuel consumption at 1500 rpm down 7.234% in 2000 turn down 19.692% and at 2500 rpm down 13.81%. While the exhaust emissions of CO at 1500 rpm rotation sebsar 59.714%, CO at 2000 rpm of 3.192% and at 2500 rpm of 12.443%. HC exhaust emissions at 1500 rpm rotation down 6.571% HC at 2000 rpm experienced an increase of 1.413%, HC at 2500 rpm 8.257% higher

 

 

Keywords: Turbo Cyclone, Consumption, Emissions

Full Text:

PDF

References


Suliyono, 2013. Jurnal pengaruh penggunaan turbo cyclone dan busi iridium terhadap emisi gas buang pada motor bensin 4 tak . Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung .Alfabeta