PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK YANG DIMILIKI GURU MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS XI SMK NEGERI 1 PALEMBAYAN

Joni Andre - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Donny Fernandez - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Salah satu faktor yang menentukan apakah persepsi siswa itu baik atau sebaliknya terhadap pembelajaran gambar teknik adalah kegiatan proses pembelajaran. Guru merupakan kunci utama yang berperan dalam meningkatkan kualitas individu walaupun sarana dan prasarana, alat bantu kurikulum dan faktor lainnya belum memadai. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, secara umum pembelajaran masih bersifat “teacher centered”, dimana guru masih merupakan satu-satunya sumber dan pusat informasi

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang telah menyelesaikan mata diklat gambar teknik kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor di SMK N 1 Palembayan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 72 orang yang terdiri dari siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan berjumlah 30 orang dan siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor berjumlah 42 orang sedangkan sampel ditetap kan 10% dari populasi yaitu kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 17 Orang dan kelas XI Teknik Sepeda Motor 25 Orang. Dari analisis data yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Mata Diklat Gambar Teknik kelas XI di SMK N 1 Palembayan sudah dikatakan baik, meskipun ada beberapa responden yang kurang memiliki persepsi baik. Hal ini disebabkan karena responden kurang aktif dalam belajar sehingga hasil belajar yang dimiliki tidak mencukupi standar kelulusan.

 

Kata Kunci : Persepsi, Kompetensi, Pedagogik, Gambar, Teknik

 

ABSTRACT

One of the factors that determine whether the student  perceptions are good or vice versa for the learning of technical drawing is the activity of the learning process.Teacher are the main key that plays a role in improving the quality of individuals although facilities and infrastructure, curriculum tools and other factors are not adequate. Based on the observations that researchers do, in general learning is still "teacher centered", where the teacher is still the only source and information cente.

The population in this research is the students who have completed the eye of the class XI technique drawing of the Department of TKR and TSM in SMK N 1 Palembayan 2016/2017 Lesson Year which amounted to 72 people consisting of students of class XI TKR amounted to 30 people and students of class XI TSM amounted to 42 people while the sample is fixed 10% of the population is class XI Light Vehicle Engineering 17 People and class XI Motorcycle Engineering 25 Person. From the analysis of data that the authors get shows that Student Perceptions about Pedagogil Competencies Teacher Training Eye Image Class XI in SMK N 1 Palembayan already said good, although there are some respondents who lack good perception. This is because the respondents are less active in learning so that the learning outcomes are not sufficient standard of graduation.

 

Keywords: Perception, Competence, Pedagogy, Drawing, Engineering

Full Text:

PDF

References


Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas

Joni, T. Raka. (1984). Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen

Pendidikan Tinggi Depdikbud

Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka,

Jakarta.

Suparno, Paul. 2002, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius